blank
Rekayasa lalin saat karnaval 24 Agustus 2019 di Blora.

BLORA – Antisipasi Kemacetan, Satlantas Polres Blora Lakukan Rekayasa Lantas Saat Pawai Kemerdekaaan.

Sepanjang jalan utama yakni Jl Pemuda mulai dari simpang empat Bangkle (Jalan raya Blora-Cepu) arah menuju Blora hingga simpang empat Biandono (Jalan raya Gatot Subroto), akan ditutup.

Hal ini terkait rute jalan itu digunakan untuk karnaval budaya HUT RI ke-74 dan pembangunan tingkat Kabupaten Blora, pada hari Sabtu (24/8).

Penutupan akan diberlakukan mulai pukul 16.00 WIB, sehingga masyarakat yang hendak melintas di Jl Pemuda akan dialihkan ke sejumlah rute.

“Jalur yang akan digunakan untuk karnaval akan kami tutup total,” kata Kapolres Blora AKBP Antonius AnangS.I.K, M.H melalui Kasat Lantas AKP Edi Sutrisno, Jumat (23/8/2018).

Adapun rute karnaval dimulai dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora menuju sepanjang Jl Pemuda, Jl Gunandar, Jl Reksodiputro, Jl Nusantara, Jl KH Dahlan, Jl Abu Umar.

Iring-iringan karnaval akan finish di Jl R.A Kartini/Jl Dr Soetomo. Acara karnaval sendiri akan dimulai pukul 19.00 sampai selesai pelaksanaan acara.

Rekayasa Lalin

Kasat Lantas Polres Blora mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Blora bagi pengguna jalan yang melintas. Selain itu, rekayasa lalu lintas ini sangat dibutuhkan untuk mengurai kemacetan jalan.

“Rekayasa lalu lintas ini sudah kami lalukan survei, dan dipastikan aman untuk dilalui kendaraan. Maka kami minta kepada masyarakat untuk mematuhi rambu yang ada dan petugas yang memberikan petunjuk arah. Tapi memang harus menempuh jarak yang agak jauh, karena harus memutar,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang dari arah Cepu/Surabaya yang akan menuju Rembang atau Semarang, akan dialihkan melalui Jl Veteran – Simpang 4 Pasar Pelem – Jl Kamolan – Jl Mr Iskandar – Jl Halmahera – Simpang 4 Biandono.

Kemudian dari arah Kecamatan Randublatung menuju Semarang atau Rembang akan dialihkan melaui Jalan Mr Iskandar – Sumbawa – Halmahera – Simpang 4 Bindono – Agil Kusumadya – Taman Makam Pahlawan sampai Simpang 4 Karangjati, Blora.

Sedangkan dari arah Purwodadi menuju Surabaya atau Rembang akan dialihkan melalui Simpang 4 Biandono – Jl Agil Kusumadya – Taman Makam Pahlawan – Simpang 4 Karangjati – Jl A. Yani – Jl Jend Sudirman (Blora-Cepu).

Terakhir dari arah Rembang menuju Grobogan atau Surabaya melalui jalur Simpang 4 karangjati – Jl A.Yani – Jl Pemuda – Jl Jend Sudirman – Simpang 4 Bangkle – Jl Veteran – Jl Kamolan – Jl Mr Iskandar – Jl Sumbawa – Halmahera – Simpang 4 Bindono.

“Saya harap masyarakat memaklumi dan bersabar harus putar arah lebih jauh dan pastinya arus lalu lintas padat merayap,” imbau AKP Edi.

Puluhan personel Sat Lantas Polres Blora akan ditempatkan di setiap penggal jalan untuk pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Selain itu juga membantu penunjuk arah bagi para pengendara yang melintas.

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh personel lalu lintas untuk bekerja ekstra melakukan pengaturan, imbuan keselamatan berkendara, bahkan wajib membantu masyarakat sebagai penunjuk arah jalan,” ungkapnya.

SuaraBaru.id/Wahono