blank
Para prajurit TNI Kodim 0717/Purwodadi saat melakukan latbakjari di lapagan tembak Desa Depok, Kecamatan Toroh, Rabu (21/8). Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Dalam rangka meningkatkan kemampuan menembak secara perorangan, prajurit TNI Kodim 0717/Purwodadi melaksanakan latihan menembak senjata ringan (Latbakjari) TW III TA 2019, Rabu-Jumat (21-23/8). Latihan tersebut dilaksanakan di Lapangan Tembak Gunungrejo, Desa Depok, Kecamatan Toroh.

Latihan menembak dengan senjata ringan ini merupakan program latihan yang harus dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak para prajurit TNI secara perorangan. Tujuannya yakni untuk kelancaran tugas sehari-hari dan di masa yang akan datang.

Kemampuan menembak merupakan kemampuan dasar prajurit yangharus dikuasai dan dipelihara secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Dengan demikian, anggota yang melaksanakan latihan ini menjadi prajurit yang professional di bidangnya.

Ratusan prajurit ikut dalam kegiatan ini. Di hari pertama dan kedua dilaksanakan menembak dengan senjata senapan. Sementara, materi latihan di hari ketiga menggunakan pistol.

Menurut Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta, latihan menembak ini adalah program satuan atas yang sudah menjadi program tetap. Tujuan dari kegiatan ini yakni mengasah ketrampilan prajurit yang juga menjadi salah satu perintah pimpinan TNI AD untuk menjadikan prajurit angkatan darat yang jago dalam menembak.

“Latihan ini wajib bagi seluruh prajurit TNI, khususnya prajurit TNI Kodim 0717/Purwodadi. Dalam latihan ini, para anggota dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal menembak sebagai pertanggungjawabannya kepada rakyat yang telah memberikan uangnya untuk membeli peluru yang kita gunakan,” ungkap Dandim.

Pelaksanaan latihan ini, lanjut dia, harus benar-benar focus serta tetap memperhatikan faktor keamanan.

“Semoga selama pelaksanaan Latbakjari ini berjalan aman, tertib, dan lancar,” harap Letkol Inf Asman Mokoginta.

suarabaru.id/Hana Eswe.