Bagikan
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Foto: dok/bi

BASEL– Pasangan ganda putra Indonesia yang menjadi unggulan pertama, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, harus pulang lebih awal di ajang kejuaraan dunia bulutangkis World Championships 2019. Setelah mendapat bye di babak pertama, Kevin/Marcus langsung kalah di babak kedua dari pasangan asal Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae (Korea).

Bertanding di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Rabu (21/8), Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor 21-16, 14-21, 21-23. Laga ini merupakan pertemuan pertama Kevin/Marcus dengan Choi/Seo.

“Mereka bermain bagus sekali, nggak gampang mati sendiri. Dan kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Di poin-poin akhir kami kurang tenang dan banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Kevin usai laga.

“Mereka banyak menekan kami, mereka nggak gampang mati. Kami banyak nggak siap, buru-buru. Mereka memperlambat tempo, jadi mengganggu mainnya,” ujar Marcus menambahkan.

Kevin/Marcus sebenarnya bisa membuka set pertama tanpa banyak kendala dari lawan. Namun di set kedua, kondisi justru berbalik, pasangan Indonesia terus berada di bawah tekanan Choi/Seo.

Pada set penentu berlangsung lebih ketat sejak awal. Kevin/Marcus membuka peluang dengan menyentuh match point lebih dulu, 20-19, sebelum akhirnya kalah 21-23.

Ada Beban
Hasil ini memupuskan harapan Kevin/Marcus untuk merebut medali World Championships 2019. Sejak 2015 berpasangan, Kevin/Marcus masih harus menunda waktunya untuk duduk di podium tertinggi kejuaraan dunia.

“Pasti ada beban. Tapi setiap turnamen juga ada. Cuma kami melakukan yang terbaik saja. Untuk kedepannya kami akan terus melakukan yang terbaik saja,” tambah ganda berjuluk Minions ini, seperti dikutip dari badmintonindonesia.org, Rabu (21/8).

Di pertandingan lainnya, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang atas pasangan Rusia Anastasiia Akchurina/Olga Morozova dengan skor 21-13, 21-12. Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menyingkirkan ganda Republik Ceko Jakub Bitman/Alzbeta Basova 21-16 21-11.

Sementara itu tunggal putri Indonesia, Fitriani, belum mampu mengatasi ratu bulutangkis dunia asal Taipei, Tai Tzu Ying, asal yang menjadi unggulan kedua dengan skor 21-15, 21-14. Hingga berita ini diturunkan, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Berry Angriawan/Hardianto dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum bermain.

suarabaru.id/Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here