blank
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Magelang, Aris Wicaksono, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Pemkot Magelang  mengusulkan sebanyak 119 formasi dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan pelatihan (BKPP)Aris Wicaksono menerangkan, formasi CPNS yang diusulkan mayoritas fungsional pendidikan sebanyak 69 formasi.

‘’Berikutnya fungsional kesehatan sebanyak 26 formasi, teknis 13 formasi, asisten dokter satu formasi, dua bidan dan perawat sebanyak delapan formasi,’’ katanya Selasa (20/8).

Menurutnya, usulan formasi yang diajukan itu tidak terpaku pada jumlah pegawai yang purna tugas. Namun, lebih pada kebutuhan masing-masing instansi. Tahun 2018 formasi yang dibutuhkan jumlahnya sama dengan pegawai yang memasuki masa  pensiun.

Mantan Asisten Bidang Humas, Umum dan Perlengkapan Setda Jota Magelang itu   menuturkan, Kemenpan RB telah menerbitkan surat tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019 bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Selain  mengusulkan  penerimaan CPNS, Pemkot Magelang pada tahun ini juga mengusulkan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). ‘’Untuk P3K jumlah formasi yang diusulkan sebanyak 136  orang,’’ ujarnya.

Aris menjelaskan, meskipun  dua hal itu  baru sebatas usulan, namun jika disetujui Kemenpan-RB, maka peraturan penerimaan diperkirakan tidak  jauh berbeda dengan seleksi sebelumnya. Seperti soal umur yang mengharuskan di bawah 35 tahun. ‘’Berdasarkan arahan Menpan-RB seleksi CPNS mulai diselenggarakan Oktober 2019,’’ terangnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono