blank
TANDON AIR BERSIH: Mahasiswa KKN Undip Tim II 2019 melakukan serah terima pembuatan tandon air bersih di Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. (dok)

UNGARAN – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Tim II Undip Semarang mengadakan program air bersih di Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Program ini untuk menunjang kebutuhan masyarakat setelah mengalami kemarau panjang. Kemarau panjang menyebabkan kekeringan yang parah di Desa Losari kecamatan. Kemarau juga membuatĀ  kurangnya pasokan air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat menunjang kebutuhan sehari-hari seperti memasak, minum, dan mandi.

Kepala Desa Losari Syarifudin kekeringan di wilayahnya menyebabkan kondisi air memiliki kandungan logam berat. Kekeruhan membuat air tak layak diminum. Atas program dari mahasisiwa KKN Undip, pihaknya pun berterima kasih. Pengadaan air bersih dilakukan dengan pembuatan tandon sebagai penampung utama. Dari tandon ini kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga desa dengan bantuan pipa. ”Kami berharap dari upaya kami ini bisa memberi solusi untuk pengadaan air bersih,” ujar Lestari Febriant, dari perwakilan mahasiswa. (rr)