blank

SEMARANG – Dosen Farmasi Unissula Rina Wijayanti MSc Apt  melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berlokasi di TK Senyiur Indah Semarang pada 31 Juli 2019. Mereka mengenalkan profesi apoteker, obat obat kesehatan dan pemanfaatannya dengan menggunakan metode storytelling. Berbagai media digunakan baik peraga maupu games dan proses dalam bentuk sediaan kapsul.

Menurut Rina metode pendidikan paling efektif untuk anak usia dini adalah melalui kegiatan storytelling, sehingga anak-anak akan dapat mengembangkan imajinasinya, mengembangkan kemampuan menyimak dan mendengar secara aktif, serta dapat tersampaikan visi dan misi pendidikan karakter dengan cara menghibur dan menyenangkan.

blank

Para siswa terlihat antusias mendengarkan dongeng yang menceritakan tentang seorang siswa TK tengah sakit lalu membeli obat di apotek, bukan di warung. Di apotek tersebut ia bertemu dengan Apoteker, yaitu orang yang paham tentang obat-obatan.

Siswa juga dibawa ke alur cerita bahwa obat bukan “hukuman” yang harus diterima karena kenakalannya, namun obat adalah sahabat menuju sehat. Dalam dongeng tersebut ditanamkan nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebahagiaan, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab.

Peserta didik juga diperkenalkan berbagai macam bentuk sediaan obat. Di akhir kegiatan, siswa diberikan games cara pembuatan kapsul secara sederhana. Kegiatan yang dirangkai dengan pemberian edukasi pada guru dan wali murid mengenai obat dan pemanfaatannya.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan kurikulum juga dilakukan oleh Oktarina Puspita Wardani SPd MPd, dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sekaligus anggota Tim Pengabdian Kepada Masyarakat./suarabaru.id