blank
Anggota DPRD Kota Magelang periode 2019-2024 diambil sumpah/janjioleh Ketua Pengadilan Negeri Magelang M Djohan Arifin, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Ketua Pengadilan Negeri (PN) Magelang M Djohan Arifin mengambil sumpah/janji anggota DPRD Kota Magelang periode 2019-2024.   Dari 25 wakil rakyat tersebut, satu orang di antaranya belum disumpah karena masih melaksanakan ibadah haji.

Mereka diambil sumpah/janji di depan Rapat Paripurna DPRD Kota Magelang, Senin (19/8). Budi Prayitno dari PDI Perjuangan ditetapkan sebagai pimpinan dewan sementara bersama wakilnya  Imam Musaechoni dari PKS.

Pimpinan dan wakil sementara ini diambil dari partai yang meraih suara serta kursi terbanyak dalam Pemilu 17 April lalu.

Budi mengatakan, proses Pemilu yang sudah berjalan lancar dan kondusif itu diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang sidiq, tabligh, amanah dan fatonah.

Dia  berharap kerja yangemakin baik semua pemangku kebijakan dalam menjalankan tugas ke depan. ‘’Kerjasama kita selama ini sudah berjalan dengan baik. Ke depan terus kita tingkatkan demi pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat,’’ ujarnya.

Sebelumnya Budi Prayitno yang akrab dipanggil Udik menjabat Ketua DPRD Kota Magelang periode 2014-2019.

Udik menuturkan, sebagai pimpinan sementara dirinya akan bertugas untuk mengusulkan pimpinan definitif, pembentukan fraksi, fasilitasi, pembentukan tata tertib dan memimpin rapat-rapat. Minimal selama 30 hari ke depan sudah ada pimpinan definitif.

Terkait kinerja ke depan, Udik mengaku, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan oleh para anggota baru. Sejumlah rancangan peraturan daerah (Raperda) yang belum tuntas di masa jabatan lima tahun lalu akan menjadi prioritas diselesaikan.

‘’Sisa Raperda yang belum selesai di periode lalu akan kita prioritaskan. Seperti Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah,’’ tandas Udik yang sudah menjadi anggota DPRD sebanyak empat periode ini.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menerangkan, para anggota dewan yang baru diambil sumpahnya ini jangan berpuas diri. Bahkan, dituntut ‘gas pol’ dalam menjalankan amanah dan melakukan lompatan-lompatan hebat untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

‘’Seperti pesan Presiden Jokowi, kita tidak hanya meningkat, tapi melompat jauh ke depan. Kita dituntut berpikiran inovatif dan visioner guna kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Sinergitas kita selama ini sudah baik, dan ke depan harus lebih baik lagi,’’ pintanya.

Untuk anggota periode 2014-2019 yang tak terpilih lagi, Sigit meminta untuk tetap berkiprah pada pembangunan daerah. ‘’Memang periode tugasnya sudah berakhir, tapi bukan berarti kiprahnya berhenti. Maka, saya tunggu kiprah selanjutnya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,’’ harapnya.

Dari 25 anggota DPRD Kota Magelang terpilih tersebut, delapan di antaranya merupakan wajah baru.

Ke delapan wajah baru tersebut adalah Joko Mei Budi Utomo (PDIP), Bustanul Arifin (PKS) keduanya berasal dari dapil Magelang 1. Kemudian dari dapil Magelang 2, yakni Niekecorry Elsa (PDIP), Saleh Nahdi (Partai Persatuan Indonesia) dan Y IG Marjinugroho (Partai Demokrat).

Dari dapil Magelang 3 terdapat tiga wajah baru, yakni Imam Indra Setyawan( Partai Kebangkitan Bangsa), Kevin Mahesa Amuwardhani (PDIP) dan Ahmad Widodo (PKS). (hms)

Editor : Doddy Ardjono