blank
Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Grobogan masa bakti 2019-2024 saat melakukan pengangkatan sumpah di hadapan hakim PN Purwodadi dan disaksikan seluruh tamu undangan. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Di hadapan Ketua PN Purwodadi, Chyrilla Endah, sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Grobogan masa bakti 2019-2024 melakukan pengucapan sumpah serta dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakilkan Bupati Grobogan Sri Sumarni. Pengangkatan sumpah dan pelantikan ini dilaksanakan di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Grobogan, Rabu (14/8). Dari 50 anggota DPRD yang ditetapkan menjalankan amanah tersebut, 20 diantaranya anggota dewan baru.

Sebelum dilaksanakan pengangkatan sumpah dan pelantikan, Ketua DPRD Kabupaten Grobogan masa bakti 2014-2019 mewakili rekan-rekannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung pengabdiannya selama lima tahun terakhir. Hal tersebut disampaikannya melalui sambutan di hadapan seluruh tamu undangan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Forkopimda, Kepala OPD, seluruh perangkat kecamatan dan perangkat desa, serta aparatur negara atas dukungan dan kerjasama serta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan yang telah memberikan kepercayaannya memilih kami sebangai anggota DPRD pada masa bakti 2014-2019,” ujar Agus Siswanto.

Usai melakukan pelantikan, Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta kepada seluruh anggota DPRD masa bakti 2019-2024 agar gaspol. Hal tersebut merupakan instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dibacakan Sri Sumarni.

Menurut Sri Sumarni, istilah gaspol alias tancap gas ini dimaksudkan agar para anggota dewan menjaga amanah dari masyarakat untuk membangun Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Grobogan ini. Sumpah yang telah diucapkan para anggota dewan agar dipahami mengenai tugas dan wewenangnya.

“Junjung tinggi integritas jaga sumpah janji yang telah diucapkan. Segera memahami dan wewenang serta tugas pokok sebagai wakil rakyat,” ujar Sri Sumarni.

Pimpinan DPRD Sementara

Dalam kesempatan itu, dua orang anggota DPRD masa bakti 2019-2024, Agus Siswanto dari F-PDIP dan Muchilisin dari F-PKB ditetapkan sebagai pimpinan DPRD sementara hingga struktur organisasi anggota DPRD Kabupaten Grobogan terbentuk untuk lima tahun ke depan

Dikatakan Agus Siswanto, selama menjabat sebagai pimpinan DPRD sementara, pihaknya akan melanjutkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD yang sudah berjalan dengan lancar dan baik. Selain itu, pihaknya juga akan melanjutkan hubungan atau mitra baik dengan pemerintah daerah Kabupaten Grobogan dalam mewujudkan cita-cita nasional dan bangsa serta tercipta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Grobogan.

Agus Siswanto juga memaparkan di periode 2019-2024 ini, anggota DPRD yang baru saja dilantik dan diangkat sumpahnya didominasi anggota baru yang masih muda.

“Teman-teman yang merupakan anggota dewan yang baru, ini sangat luar biasa. Banyak teman-teman muda yang menjadi anggota DPRD 2019-2024. Harapan kami, para anggota DPRD yang baru ini agar segera beradaptasi untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai anggota DPRD Kabupaten Grobogan. Di samping unsur penyelenggara pemerintahan, mereka ini juga sebagai penyalur aspirasi masyarakat, memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing sehingga harus segera beradaptasi, menyesuaikan diri. Di sini, ada 20 anggota baru yang ditetapkan menjadi anggota DPRD periode 2019-2024,” jelas Agus, usai pelantikan.

Acara pelantikan anggota DPRD Kabupaten Grobogan ini dihadiri jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Kepala BUMN dan BUMD, perangkat desa dan kecamatan se Kabupaten Grobogan serta tamu undangan lainnya. Pengamanan ketat juga terlihat dari personel Polres Grobogan.

suarabaru.id/Hana Eswe.