blank

Bupati Zaenal Arifin menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada Ketua MUI KH Afiffudin Lc. (Foto: SB/Tuhu)

 

BOROBUDUR –  Menjelang Idul Adha 1440 H, Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memberikan pelatihan khusus cara memotong hewan yang benar kepada 300 takmir masjid di daerah itu.

“Sehingga pemotongan hewan kurban bukan hanya benar menurut ajaran Islam, tetapi dagingnya juga higienis,” kata Tri Hartati,    Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veterinier (Kesmavet) Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Minggu (11/8).

Ia mengemukakan, hewan kurban yang dipotong hari ini lebih banyak sapi. Mungkin masyarakat banyak yang tahu sapi lebih banyak menghasilkan daging dibanding kambing.

“Tetapi kambing yang dipotong Idul Adha tahun lalu mencapai 9000 ekor dan domba 12.000 ekor. Sedangkan sapi yang dipotong 3.300 ekor,”  katanya disela sela mengawasi jalannya penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Agung Annur Sawitan.

Pada kesempatan itu Bupati Zaenal Arifin SIP menyerahkan 22 hewan kurban kepada Ketua MUI (Mejelis Ulama Indonesia) KH Afifuddin Lc.  Hewan kurban terdiri dari tujuh ekor sapi dan 15 ekor kambing.

“Idul Adha merupakan momentum untuk mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, ketulusan, dan keikhlasan bagi sesama. Tujuannya, beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata bupati.

Adapun kotib shalat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Annur Sawitan, Kepala Kantor Kemenag Drs Mad Sabitul Wafa dan Imam KH Afifudin Lc. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)