blank
Warga Sapuran tampak sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang dilangsungkan di Alun-Alun setempat. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka).

WONOSOBO-Dalam rangka menyemarakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kecamatan Sapuran Wonosobo menggelar senam massal dan jalan santai. Masyarakat setempat sangat antusias dalam meramaikan acara yang dipusatkan di Alun-Alun Sapuran tersebut.

Selain diikuti masyarakat umum, kegiatan tersebut diikuti unsur Muspika, seluruh ASN di lingkungan Kecamatan Sapuran, karyawan BUMD/BUMN, pelajar, perwakilan organisasi masyarakat, tokoh agama, unsur pemuda dan perangkat desa di Kecamatan Sapuran.

Camat Sapuran Edi Usman SH mengatakan keterlibatan masyarakat dalam ikut meramaikan perayaan menyambut datangnya puncak acara HUT ke-74 Kemerdekaan RI, menjadi bukti warga cinta tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat dalam ikut menyambut kesemarakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Sapuran. Belum lama ini warga juga sudah meramaikan pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-194 Wonosobo di Sapuran,” katanya.

Menurut Edi Usman, keterlibatan masyarakat dalam semua kegiatan, baik HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan HUT ke-194 Kabupaten Wonosobo di Kecamatan Sapuran, menunjukan kerja sama yang baik antara jajaran Muspika, perangkat desa, tokoh agama dan masyarakat.

Potensi Desa

Sekretaris Kecamatan Sapuran Bambang Trie yang didapuk menjadi Ketua Panitia HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan HUT ke-194 Wonosobo di Sapuran mengatakan event besar yang digelar di Alun-alun setempat dalam rangka mempromosikan berbagai potensi di wilayah Sapuran.

Pasalnya, daerah yang berbatasan dengan Kecamatan Kepil, Kecamatan Kalikajar, Kecamatan Selomerto dan Kecamatan Kalibawang ini punya banyak potensi yang perlu terus digali agar wilayah Kecamatan Sapuran cepat maju dan berkembang.

“Kecamatan Sapuran memiliki potensi wisata, pertanian, peternakan serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sangat baik. Jika potensi tersebut terus digali dan dikembangkan Sapuran bisa berkembang lebih maju lagi,” katanya, Sabtu (10/8).

Apalagi, wilayah Sapuran merupakan daerah yang sangat strategis karena menjadi perlintasan jalur wisata menuju Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang maupun jalur alternatif ke Yogyakarta. Sapuran kini sudah lebih ramai dibanding dahulu.

Pihaknya mengaku di tahun-tahun mendatang akan menggelar event serupa yang lebih semarak lagi. Karena itu, Bambang Trie berharap keterlibatan masyarakat, jajaran Muspika, tokoh pemuda dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Sapuran perlu ditingkatkan.

“Keberhasilan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan HUT ke-194 Wonosobo di Sapuran, tidak terlepas dari peran semua pihak. Karena keterlibatan mereka suasana kondusif, aman, lancar dan sukses senantiasa terjaga selama event berlangsung,” sebutnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka