blank
Gapura bambu yang dibuat warga RW IV Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, (Humas Pemkot Magelang(

 

MAGELANG- Merayakan HUT Ke 74 Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang, kampung-kampung di Kota Magelang mulai berhias.  Seperti yang dilakukan warga RW IV Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah. Mereka  membuat gapura masuk kampung dengan bambu bekas, dengan tema ‘back to nature’.

Penanggungjawab pembuatan gapura, Agus Wahyudi, menjelaskan, butuh waktu sekitar seminggu untuk menyelesaikan gapura bambu tersebut. Saat ini sudah selesai 100 persen, dan pembangunannya dikerjakan sekitar 10 orang.

‘’Supaya lebih menarik diberi asesoris berupa tanaman dan dipasang umbul-umbul,’’ katanya kemarin (10/8).

Menurutnya, bahan-bahan yang digunakan swadaya masyarakat setempat. Khusus bambu mengambil sisa kegiatan sebuah festival di Kledung, Kabupaten Temanggung, beberapa waktu lalu.

‘’Kami memanfaatkan sisa-sisa bambu dari pembuatan kerajinan saat festival di Kledung beberapa waktu lalu,’’ terang Agus.

 

blank
Gapura bambu ketika diresmikan, (Humas Pemkot Magelang)

 

Selain untuk menyambut HUT Ke-74 RI, pembuatan gapura secara gotong royong ini diharapkan menumbuhkan kerjasama antarwarga,  saling membantu serta membina hubungan sosial yang baik. Selain itu juga untuk diikutkan lomba pada tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kelurahan Gelangan Sugeng Sunarso menambahkan, pembuatan gapura dari bahan bambu ini merupakan bentuk kreatifitas warga yang patut ditiru. Meski sederhana,namun menarik dan ramah lingkungan. Di sisi lain, bisa menjadi ajang memacu semangat gotong royong antarwarga.

‘’Ini kreatif, patut ditiru oleh warga kampung lainnya. Membuat gapura atau sesuatu karya tidak harus pakai bahan-bahan mahal,’’ tutur Sugeng.

Kepala Bagian Humas Pemkot Magelang, Ahmad Ludin Idris mengapresiasi ide kreatif warga Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan tersebut.

Menurutnya, bahan-bahan sederhana jika dirangkai dengan sedikit kreatifitas bisa menjadi karya yang unik dan menarik. ‘’Saya apresiasi kreatifitas warga RW IV Kampung Poncol.

Ini menunjukkan masyarakat Kota Magelang itu kreatif, cerdas, mudah-mudahan menjadi inspirasi warga lain untuk membuat yang lebih bagus lagi. Supaya Kota Magelang makin semarak menyambut HUT Ke 74 Kemerdekaan RI,’’ pinta Idris. (hms)

Editor : Doddy Ardjono