blank
Dua anggota DPRD Kudus berselfie saat pelantikan lima tahun lalu. foto:Suarabaru.id/

KUDUS – Para anggota DPRD Kudus periode 2019-2024 nampaknya bakal terlihat gagah dalam tugas kesehariannya. Pasalnya, untuk pakaian dinas bagi 45 anggota dewan yang terpilih, Sekretariat DPRD Kudus telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 449 juta.

”Total alokasi anggarannya sebesar Rp 449 juta,” kata Sekretaris DPRD Kudus, Jadmiko Muhardi, Kamis (8/8).

Menurut Jadmiko, sesuai ketentuan perundangan, para anggota dewan yang terhormat akan mendapatkan jatah empat stel pakaian dinas dari baju hingga celana untuk kategori Pakaian Sipil Lengkap (PSL), Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Sipil Resmi (PSL).

Selain itu, melalui anggaran Rp 400 juta tersebut juga untuk perlengkapan dan assesoris seperti pin dan eblem DPRD Kudus.

”Jadi termasuk kelengkapannya berupa pin dan eblem,” tambah Jadmiko.

Semua pengadaan seragam anggota dewan tersebut, menurut Jadmiko  juga dilelang resmi, sesuai dengan proses pengadaan barang dan jasa melalui ULP.  Jadi, semuanya dilakukan secara proses terbuka.

“Ini hak anggota dewan untuk mendapatkan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Hanya saja, kata Jadmiko, kemungkinan pakaian dinas baru tersebut belum bisa langsung dipakai para anggota dewan baru saat pelantikan yang rencananya akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2019 mendatang.

Berdasarkan data yang ada, pengadaan pakaian dinas anggota DPRD tidak hanya akan dilakukan selama sekali selama masa jabatannya. Setiap tahunnya DPRD selalu mengalokasikan anggaran untuk pengadaan pakaian dinas para wakil rakyat dengan anggaran berkisar di angka Rp 250 juta.

Suarabaru.id/Tm