BPSDMD Jateng Jadi Lembaga Pendidikan ASN Terbaik
(ist.)

SEMARANG – Torehan prestasi kembali disematkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah. Menyingkirkan sejumlah provinsi besar lain seperti Jabar dan DIY, lembaga yang dulu bernama Badan Diklat Provinsi Jateng ini kembali didaulat menjadi lembaga pelatihan pemerintah terbaik nasional tahun 2019.

Tahun ini, BPSDMD Jateng menjadi juara satu dalam kategori lembaga pemerintah daerah penyelenggara pelatihan kepemimpinan dan pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Berbeda pada tahun sebelumnya, tahun ini penilaian menitikberatkan pada aspek pemanfaatan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0, dengan mengambil tema Learning Center for the 4th Industrial Revolution.

Pengumuman pemenang terbaik tersebut disampaikan pada puncak peringatan hari uang tahun (HUT) ke-62 Lembaga Aparatur Negara Republik Indonesia (LAN RI) pada Selasa (6/7). Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala LAN, Adi Suryanto kepada Kepala BPSDM Jateng, M Arief Irwanto.

“Untuk kategori lembaga pendidikan terbaik, ada lima provinsi yang masuk nominasi penghargaan ini yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Sulawesi Utara dan Kalimantan Selatan. Alhamdulillah Jateng menjadi yang terbaik, dan Jabar serta DIY menduduki juara dua dan tiga,” kata Arief saat dikonfirmasi, Rabu (7/8).

Arief menerangkan, banyak aspek yang menjadi alasan LAN memberikan penghargaan kepada BPSDM Jateng. Diantara aspek itu misalnya, BPSDMD Jateng dinilai yang terbaik dalam pelaksanaan latihan dan pembelajaran berbasis teknologi informasi.

“Proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran juga menjadi penilaian, termasuk aspek lingkungan di sekitar lembaga pembelajaran. Ada pula penilaian terkait pembelajaran Widyaiswara di dalam kelas dan penilaian lainnya,” terangnya.

Penghargaan sebagai lembaga pelatihan pemerintah terbaik lanjut Arief bukan kali pertama ini diraih Jawa Tengah. Selama tiga tahun beruntun yakni 2017, 2018 dan 2019, BPSDMD Jateng selalu menjadi yang terbaik tingkat nasional.

“Ini sudah ketigakalinya kami mendapatkan penghargaan sebagai lembaga pelatihan pemerintah terbaik nasional. Tentu ini akan menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Selain untuk BPSDMD Jateng, Kepala LAN lanjut Arief juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi Ganjar terhadap pendidikan dan pelatihan kepemimpinan bagi calon pegawai negeri sipil di Jawa Tengah. (suarabaru.id)