blank
Kepada awak media, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto, SIK, MH, memberi keterangan pers pelaksanaan Pilkades serentak di 242 desa berjalan aman, lancar, dan kondusif. (Foto: SB/Wahono)

BLORA – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 242 desa di Kabupaten Blora berlangsung aman, lancar, tertib, dan kondusif. Bahkan semua personel pengamanan juga sudah ditarik ke posnya masing-masing.

Demikian juga dengan personel Brimob dan Perintis Polda Jawa Tengah, termasuk personel pendukung dari Polres Rembang, Pati, Kudus, Grobogan, Demak serta Jepara (eks Polwil Pati), juga sudah kembali ke institusinya.

“Pilkades serentak berlangsung aman, terima kasih atas dukungan semua pihak,” tandas Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang, Senin (5/8/2019).

Anang menjelaskan Pilkades usai melepas, dan mengembalikan personel Brimob, Perintis Polda Jateng, dan personel Polres tetangga di halaman utama Mapolres setempat.

Personel itu dikembalikan ke institusinya, setelah melaksanakan bakcup atau bawah kendali operasi (BKO) pengamanan Pilkades serentak 2019 di kabupaten paling timur di Jateng, dengan hari H coblosan, Minggu (4/8/2019).

blank
Prosesi pelasasan personel Brimob, Perintis Polda Jateng, dan personel pendukung dari Polres Rembang, Pati, Kudus, Grobogan, Demak dan Jepara (eks Polwil Pati). (Foto: SB/Hms-Resbla)

Pasca Pilkades

Meskipun demikian, pihaknya minta kepada seluruh Polsek jajarannya agar mengerahkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, bersinergi memantau situasi pasca pesta demokrasi di tingkat desa itu.

“Kami minta Bhabinkamtibmas dan Babinsa terus bersinergi, saling bertukar informasi terkait situasi kamtibmas di desa pasca Pilkades,” kata Kapolres Blora.

Dalam Pilkades kemarin, Polres Blora menggalang kekuatan penuh menurunkan sedikitnya 1.792 personel, dengan kesiapan satu peleton di tiap-tiap Polsek.

Dari jumlah itu, Polri sekitar 1.000 personel, dibakcup penuh dari Brimob dan Perintis Polda Jateng, ditambah lagi dukungan personil dari Polres Rembang, Pati, Jepara, Kudus, Grobogan serta Demak.

Selain itu, turun dukungan pengamanan dari TNI Kodim 160 personel, Satpol PP 210 personel, Linmas 532 personel, dengan menempatkan personel terbagi secara proporsional di 242 desa.

Dalam upaya mencegah perjudian (botoh-botoh, Red) dalam Pilkades serentak yang digelar 4 Agustus 2019, Polres menggerakkan tim Satgas Basmi Judi (SBJ) Pilkades, tim yang digawangi Satreskrim Polres setempat.

Selain itu, Polres melaksanakan Operasi Cipta Kondisi (OCK) yang dihelar selama tahapan Pilkades, dan operasi rutin Kamtibmas dalam sekala besar siang dan malam hari.

 

Suarabaru.id/Wahono