Bagikan
Sejumlah warga Perumahan Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo tampak bergotong royong memasang umbul-umbul untuk menyemarakan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 ini. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Grengseng perayaan Dirgahayu Kemerdekaan RI sudah mulai terasa meski puncak HUT ke-74 Republik Indonesia baru akan dilaksanakan 17 Agustus 2019 mendatang. Beberapa kampung dan komplek perumahan mulai dihiasi umbul-umbul dan bendera merah putih.

Seperti yang dilakukan warga RW 5 Perumahan Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo, Minggu (4/8). Sejak pagi warga setempat tampak serempak dan kompak melakukan kerja bakti memasang umbul-umbul, bendera merah putih dan mengecat bahu jalan.

Setelah dihias dengan umbul-umbul, bendera merah putih dan ornamen lain berwarna-warni khas perayaan 17 Agustus, sontak membuat jalan protokol dan jalan di seputar RT 1 hingga RT 7 terlihat lebih semarak dan ramai dengan berbagai hiasan.

Sejak pagi hingga menjelang siang, sejumlah warga dengan semangat ada yang membersihkan lingkungan, memasang umbul-umbul, bendera merah putih dan mewarnai bahu jalan dengan cat aneka warna. Semua itu dilakukan demi menyemarakan Hari Kemerdekaan RI.

Ketua RW 5 Perumahan Purnamandala Ir Tri Umpono mengatakan semangat warga dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI merupakan bentuk kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). NKRI milik bersama dan dirayakan bersama.

“Semua kalangan dari anak-anak, remaja, Bapak-Bapak hingga Ibu-Ibu di Perumahan Purnamandala dilibatkan dalam menyongsong peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Ini menjadi bukti warga cinta tanah air dengan menyemarakan bulan Agustus,” katanya.

Anak-anak pun ikut terlibat melakukan kerja bakti dengan memasang hiasan di komplek Perumahan Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)


Senam Bersama

Ketua Panitia HUT RW 5 Perumahan Purnamandala, Endro Sulistiyanto mengatakan selain menghias komplek perumahan dengan aneka umbul-umbul, bendera merah putih dan pernak-pernik lainnya, dalam menyemarakan kegiatan 17 Agustus juga digelar beragam lomba.

“Lomba rencananya akan diikuti oleh anak-anak, remaja, orang tua dan Ibu-Ibu. Setiap RT harus mengirim peserta lomba yang akan digelar di Lapangan Volly Komplek Perumahan Purnamandala. Lomba dilakukan Minggu pagi dan sore hari,” jelasnya.

Tri Umpono menambahkan lomba bagi anak-anak dilangsungkan guna memeriahkan peringatan 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan RI. Anak-anak diajak riang dan gembira melalui berbagai ajang perlombaan dalam merayakan HUT ke-74 RI.

“Dulu para Pahlawan dalam berjuang merebut kemerdekaan dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Tidak hanya keringat dan air mata yang bercucuran, darah pun dipertaruhkan demi Kemerdekaan NKRI,” sebutnya.

Kini saatnya warga mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif. Pihaknya mengapreasiasi warga komplek Perumahan Purnamandala yang berusaha memasang umbul-umbul warna-warni, bendera merah putih dan membersihkan lingkungan untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI.

Jika dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI tahun sebelumnya digelar jalan sehat, kali ini jalan santai diganti dengan senam bersama. Senam dilakukan secara massal di masing-masing RT dan akan dilaksanakan pada Minggu (25/8) mendatang.

Sedang pada malam 17 Agustus 2019 dilakukan tasyakuran, doa bersama dan refleksi Hari Kemerdekaan RI di Masjid Baitul Mujahidin Perum Purnamandala. Tasyakuran, doa bersama dan refleksi kemerdekaan akan diikuti oleh seluruh warga perumahan setempat.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here