blank
Juergen Klopp/dok

JENEWA – Liverpool menutup pramusim dengan positif sekaligus memutus rangkaian hasil negatif. Kini, saatnya sang juara Eropa meladeni Manchester City demi trofi pertama musim ini. The Reds akan menantang Manchester Biru dalam laga Community Shield di Stadion Wembley, London, Minggu (4/8). Si Merah memetik kemenangan 3-1 atas Lyon di Stade de Geneve, Jenewa, Swiss, Kamis (1/8) dini hari WIB.

Tertinggal lebih dulu melalui penalti Memphis Depay, anak-anak asuhan Juergen Klopp membalas lewat gol Roberto Firmino, Harry Wilson, dan bunuh diri Joachim Andersen. Hasil ini memutus rangkaian hasil buruk yang dipetik The Anfield Gank dalam pramusim. Mereka kalah 2-3 dari Borussia Dortmund, lalu 1-2 dari Sevilla. Selepas main imbang 2-2 dengan Sporting Lisabon, The Kop lantas dihajar Napoli 0-3.

Kemenangan atas Lyon menjadi momentum Liverpool untuk menghadapi The Citizens di Wembley. Ini bukan hanya partai kompetitif pertama musim ini, melainkan juga kesempatan mengawali dengan trofi. “Lyon itu tim yang sangat-sangat bagus, dan kami tak membiarkan kecepatan mereka. Semua pemain perlu beradaptasi dengan bola lagi,” ungkap Juergen Klopp.

Manajer asal Jerman itu senang dengan peningkatan performa skuadnya. Sekarang masih ada waktu untuk berbenah. Ketika ditanya apakah bakal menurunkan tim terbaik, Klopp akan melihat kondisi terkini. Yang pasti The Reds masih kehilangan penyerang Sadio Mane. Dia belum bergabung selepas tampil di Piala Afrika.

Namun, Mane bakal siap untuk partai pertama Liga Primer Inggris melawan Norwich City pada 9 Agustus. Kiper Alisson Becker, penyerang Mohamed Salah, dan striker Roberto Firmino punya kans turun melawan City. Yang jelas Klopp tak mau memaksakan pemain yang tidak siap secara fisik. (rr)