Kepala DPU Resmi Jabat Sekda Kota Semarang
(doc./hms)

SEMARANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminudin resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di ruang Lokakrida Balai Kota Semarang, Kamis (1/8/2019).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, terpilihnya Sekda Kota Semarang definitif kali ini melalui proses panjang. Kekosongan kursi Sekda Kota Semarang sempat diisi oleh dua PJ, yaitu Agus Riyanto dan Trijoto Sardjoko.

Panitia Seleksi (pansel) yanh bertugas menentukan Sekda yang baru ini diisi oleh orang-orang yang berkompeten, mulai dari Rektor Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Tujuh Belas Agustus, dua doktor dari Universitas Diponegoro, dan Plt Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto.

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, pansel Sekda sudah menjalankan tugas dengan sangat baik. Pansel bahkan mendatangi kediaman kandidat dan menanyakan beberapa hal kepada masyarakat sekitar terkait kebiasaan kandidat dalam kehidupan sehari-hari.

Selama pemilihan, dia mengaku sama sekali tidak melakukan intervensi apapun kepada pansel. Dari delapan nama yang mendaftarkan diri sebagai Sekda dan akhirnya terpilih tiga kandidat yang menjalani tahapan selanjutnya untuk diwawancarai Gubernur Jawa Tengah.

“Insyaallah prosesnya sudah sesuai tahapan. Saya sudah pesan kepada BKPP untuk melakuka seleksk secara natural, dan alhamdulillah sudah terpilih,” katanya.

Dia berharap, sekda yang baru dapat menjadi pegayom bagi pegawai Pemkot Semarang, menciptakan suasana kondusif, membantu menyelesaikan program-program Wali Kota Semarang dan Wakil Wali Kota Semarang menjelang akhir masa jabatan.

“Ada tugas khusus bagi Sekda baru. Saya kira dengan kemampuan jaringan yang dimiliki Sekda baru, dia bisa aktif mengambil dana Kementrian dan Provinsi untuk pembangunan Kota Semarang. (suarabaru.id)