blank
Salah satu regu patroli sekala besar tengah memantau pusat bisnis di Pasar Rakyat Sido Makmur, Kota Blora. (Foto : SB/Hms-Resbla).

BLORA – Hari H pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 242 desa semakin dekat, mengharuskan Polres Blora, Polda Jateng, melakukan berbagai upaya untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

Salah satu kegiatan yang gencar dilakukan, adalah patroli dengan sekala besar baik siang malam beranggotakan 50 personil Polres Blora, dipimpin Kasat Binmas AKP Slamet Irianto.

“Kami bergerak dalam operasi sekala besar, bersenjata lengkap di jam-jam rawan siang maupun malam,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kasat Binmas AKP Slamet Irianto, Rabu (31/7/2019).

Dijelaskan, operasi sekala besar ini dilakukan, agar keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terjaga baik, situasi tetap aman serta kondusif jelang perhelatan Pilkades serentak terbanyak di Jateng pada Minggu (4/8/2019).

Adapun sasaran dari patroli, lanjutnya, obyek vital, perkantoran, pusat bisnis, tempat keramaian umum, tempat ibadah dan pemukiman penduduk.

“Rabu malam ini, patroli rutin kembali kami helat dengan sekala besar menyasar berbagai titik rawan tiundak kejahatan,” tambah mantan Kapolsek Cepu.

blank
Satu regu patroli sekala besar Polres Blora sedang memantau pengamanan di pusat keramiaan massa alun-alun, kota sate Blora. (Foto : SB/Hms-Resbla).

Jam Rawan

Menurut Kasat Binmas Polres Blora, patroli tidak ditentukan jamnya, sifatnya sewaktu-waktu dan rutin, khususnya pada jam-jam rawan, terutama pada tengah malam, dan dini hari.

Selain untuk pencegahan tindak kriminal, lanjutnya, patroli juga menyasar ke pemukiman dan pedesaan dengan tujuan menjaga situasi di desa yang akan menggelar Pilakdes tetap aman dan sejuk.

Diakuinya, menjelang Pilkades serentak tensi mulai menghangat, sehingga Polres melakukan patroli ke hingga ke pemukiman agar dekat masyarakat merasa aman.

“Tensinya mulai meninggi, maka Polres menggelar operasi sekala besar untuk menjaga wilayah tetap adem,” tandasnya.

Saat keliling ke berbagai wilayah yang dinilai rawan tindak kejahatan, sering terjadi patroli model bersinggungan di satu titik dengan personil Polsek setempat untuk koordinasi keamanan, tutup Kasat Binmas, AKP Slamet Irianto.

 

Suarabaru.id/Wahono