blank
Wesley Moraes/dok

LONDON – Aston Villa membuat kejutan setelah menjadi klub dengan belanja pemain terbanyak pada bursa transfer musim panas ini di Liga Primer Inggris. The Villans sejauh ini telah membelanjakan 115,1 juta pound (sekitar Rp 1,98 triliun) untuk membeli pemain baru pada bursa transfer musim panas 2019. Dengan statusnya sebagai tim promosi, agresivitas Villa sangat mengejutkan. Klub Kota Birmingham itu saat ini dimiliki Nassef Sawiris, pengusaha konstruksi asal Mesir. The Villans dibesut Dean Smith dengan John Terry sebagai asisten manajer.

Villa membeli 10 pemain di berbagai posisi. Yang paling mahal adalah Wesley Moraes, penyerang berkebangsaan Brasil yang diangkut dari Club Brugge. Wesley berharga 22 juta pound. Pemain anyar lain adalah Jota (Birmingham), Anwar El Ghazi (Lille), Kortney Hause (Wolverhampton), Matt Targett (Southampton), Tyrone Mings (Bournemouth), Ezri Konsa (Brentford), Bjorn Engels (Reims), dan Trezeguet (Kasimpasa). Agresivitas The Villans mengalahkan Manchester City.

Ada tiga pemain baru di skuad Pep Guardiola. Rodri menjadi pembelian termahal City. Dia ditebus dengan 63 juta pound dari Atletico Madrid. Liverpool, yang musim lalu aktif membeli, kali ini malah menduduki posisi terbawah. The Reds memilih berhemat. Si Merah hanya membeli dua pemain belia, bek Sepp van den Berg dari Ajax Amsterdam dan gelandang serang Harvey Elliott (Fulham). The Anfield Gank sudah melepas striker Daniel Sturridge dan bek kiri Alberto Moreno. (rr)