blank
Stadion Moch Subroto, Kota Magelang, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Stadion Moch Subroto Kota Magelang dan Stadion Gemilang Kabupaten Magelang ditunjuk  PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai lokasi pertandingan Liga 1 Junior bertajuk ‘Elite Pro Academy Liga 1 U-20 tahun 2019’.

Selain kedua stadion Magelang tersebut, PT LIB juga menggunakan Stadion Bhumi Phala Temanggung dengan tim yang bertanding lebih banyak, yakni 6 tim.

‘’Kami pilih lagi Magelang ditambah Temanggung karena berkaca tahun lalu berjalan lancar. Juga lokasinya yang strategis di tengah-tengah. Termasuk pilihan lapangan yang banyak dan berkualitas,’’ kata Perwakilan PT LIB, Zumi Zoftan saat konferensi pers pre match di Hotel Sriti, kemarin.

Dia menerangkan, tahun ini pertandingan di Magelang dan Temanggung untuk babak penyisihan grup C. Tim yang berlaga antara lain Bali United, Borneo FC, Kalteng Putra, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura dan PSM Makassar.

‘’Pertandingan akan dimulai besok (hari ini, red) pukul 15.00 dan berakhir Senin 12 Agustus 2019. Sementara ini kita bebaskan penonton untuk menyaksikan liga ini,’’ ujarnya.

Tahun ini, lanjutnya, Liga 1 Junior dinaikkan kelasnya menjadi U-20, dari tahun lalu hanya U-19. Karena ini sebagai sarana mencari bibit-bibit unggul yang diproyeksikan dapat memperkuat tim nasional muda atau bahkan senior.

‘’Itu salah satu target kompetisi ini, kita dapat membangun timnas muda atau bahkan senior mendatang. Pemain yang dapat berlaga di liga ini wajib warganegara Indonesia (WNI) dan boleh mainkan pemain senior asal jam terbang di tim senior masih rendah,’’ terangnya.

Pelatih Persebaya U-20, Uston Nawawi mengaku sudah sangat siap menghadapi liga ini. Mantan pemain tim nasional itu membawa 25 pemainnya dengan target melampauai capaian tahun sebelumnya.

‘’Tahun lalu kami juga main di Magelang dengan hasil kurang baik. Tahun ini kami kembali dengan target hasil yang lebih baik lagi. Terpenting, kami akan menampilkan permainan yang sportif dan fairplay, dan ini ajang membawa mereka ke jenjang yang lebih tinggi lagi nantinya,” paparnya.

Pelatih Persipura Jayapura U-20, Tony Ho mengatakan, timnya sudah siap mengaruni liga ini. Dengan membawa 22 pemain muda, dia akan mempertontonkan sepak bola yang sportif.

‘’Persiapan sudah sekitar sebulan ini dengan mayoritas pemain lokal. Saya tidak pernah mengharuskan kemenangan, tapi mencoba bermain sebaik mungkin dan kemenangan akan mengikuti. Kita utamakan fairplay, karena sekaligus menanamkan karakter pada pemain,’’ ungkapnya. (Suarabaru.id/Doddy Ardjono)