blank

LIVERPOOL – Selepas membeli bek muda, Liverpool kini mendatangkan gelandang remaja sebagai transfer keduanya pada bursa musim panas ini. The Reds merampungkan proses transfer Harvey Elliott dari Fulham, kemarin. Remaja berusia 16 tahun ini ke Anfield setelah tampil tiga kali di tim senior The Cottagers pada musim 2018-2019. Pada Mei lalu, Elliot menjadi debutan termuda di Liga Primer Inggris ketika tampil melawan Wolverhampton Wanderers dalam usia 16 tahun dan 30 hari. Dia disebut-sebut memiliki permainan yang mirip dengan Gareth Bale.

Elliott melakoni debutnya untuk Fulham saat berusia 15 tahun pada September 2018 ketika masuk sebagai pemain pengganti kontra Millwall di Piala Liga sehingga menjadi pemain termuda klub sepanjang masa. Dia mengikuti jejak bek asal Belanda, Sepp van den Berg, yang bergabung dengan Si Merah dari PEC Zwolle pada usia 17 tahun, Juni silam. Untuk mendapatkan Elliot, klub besutan Juergen Klopp itu berhasil mengalahkan Arsenal, Manchester City, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain. Mengingat usianya, dia tak bisa menandatangani kontrak profesional dengan Liverpool hingga ulang tahunnya yang ke-17 pada April 2020. Namun, hal itu tak akan menghentikan Klopp untuk memasukkan namanya ke dalam skuad utama jika menginginkannya. Elliott mengaku sangat senang bisa menjadi anggota The Reds. Menurut dia, bergabung ke Liverpool adalah mimpi yang jadi kenyataan.

Kendati manajemen belum banyak belanja, Klopp tetap tenang. Dia tidak iri dengan klub-klub lain seperti Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid. Klopp menegaskan timnya sudah cukup menginvestasikan uang untuk membangun skuad. Kini, saatnya untuk bekerja dengan pemain-pemain yang ada. “Saya tak bisa mengatakan apa pun mengenai apa yang dilakukan tim lain. Saya tidak tahu bagaimana mereka melakukan itu. Maaf, semua orang harus membayar tagihan, kami harus membayar tagihan,” ungkap Klopp. (rr)