blank
Petugas Polsek Baturetno Polres Wonogiri bersama pamong desa dan warga, bergotong-royong memberikan pertolongan pada musibah kebakaran rumah di Desa Watuagung.

WONOGIRI – Dua buah rumah milik Wiryorejo (60), Minggu sore (28/7), ludes terbakar berserta seluruh harta bendanya. Penyebab kebakaran di Dusun.Watuagung RT 3/RW 2, Desa.Watuagung, Kecamatan Baturetno (55 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri) ini, masih dalam penyelidikan petugas. Tapi besar kemungkinannya, karena konsleting listrik pada instalasi jaringan yang terpasang di rumahnya.

Kapolres Wonogiri Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Baturetno AKP Suwono, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyatakan, musibah kebakaran rumah tersebut berlangsung pukul 15.50. Dua buah rumah yang terbakar, terdiri atas rumah induk dan rumah dapur. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, karena pemiliknya sedang berada di luar rumah. Tapi sebuah sepeda motor Yamaha Alfa yang tersimpan di dalam rumah, ikut ludes terbakar beserta perabot dan harta benda lainnya.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian menyebutkan, sore itu pemilik rumah berada di halaman depan dan mendadak melihat ada kepulan asap dari dalam rumah. Korban langsung berteriak-teriak minta pertolongan kepada para tetangga. Segera datang ke lokasi, Tukiyo (58), warga Dusun Watuagung RT 3/RW 2, Desa.Watuagung Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Yang kemudian disusul oleh David Purna Irawan (25), dan Misdi (54). Ketiga warga ini, kemudian mengerahkan para tetangga untuk melakukan pemadaman dengan cara tradisional memakai alat seadanya.

Tapi karena di lokasi tidak tersedia air dan alat pemadam kebakaran yang memadai, upaya pemadaman sulit dilakukan. Terlebih lagi, di musim kemarau puncak sekarang ini, situasi sekitar pada mengering dan rumah berbahan kayu tersebut sangat mudah terbakar. Adanya tiupan angin, memicu kobaran api makin membesar dan sulit dikendalikan.

Upaya pertolongan warga bersama pamong desa, terbatas pada usaha melokalisasi api, agar tidak merembet ke rumah tetangga. Petugas Polsek Baturetno yang mendapat laporan, segera datang ke lokasi bersama jajaran personel Koramil dan Babinsa, untuk ikut memberikan pertolongan.(suarabaru.id/Bambang Pur)