blank
Para peserta UKW foto bersama.(Foto: Hana Eswe)

SEMARANG – Sebanyak 26 wartawan dari berbagai daerah di wilayah Jawa Tengah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jateng bekerja sama dengan PT Semen Gresik Pabrik Rembang, Rabu-Jumat (24-26/7). Kegiatan ini dilaksanakan di Gladiol Ballroom Hotel Star Semarang.

Sebelum diadakan UKW, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yassin berkesempatan untuk membuka acara tersebut mewakili Gubernur Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Taj Yassin mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan dorongan semangat kepada para wartawan yang akan melaksanakan UKW ini.

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua PWI Jateng Amir Machmud, Kepala Departemen dan Komunikasi PT Semen Gresik Pabrik Rembang Gatot Mardiana, Dirut UKW Pusat Rajab Ritonga dan Marah Sakti, Ketua PWI Pusat Hendro Basuki, serta para tamu undangan lainnya.

Kejutan Sekda Jateng

Usai pembukaan, 26 peserta UKW langsung dibagi dalam tiga kelompok yakni kelompok muda, madya dan kelompok utama. Masing-masing kelompok diuji dengan materi yang berkaitan dengan tugas kewartawanan.

Pada hari pertama UKW, para peserta dikejutkan dengan kedatangan Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono. Kedatangan pria yang akrab disapa Pak Pur ini menghangatkan para wartawan yang tengah berjuang mengikuti ujian tersebut. Bahkan, Sri Puryono mengiyakan permintaan wartawan muda untuk diwawancarai mengenai potensi pariwisata di Jawa Tengah sebagai syarat mengerjakan materi wawancara lisan dan door stop.

blank
Para penguji UKW terhadap 26 wartawan di PWI Jateng.(Foto: Hana Eswe)

25 Wartawan Lulus

Sebanyak 25 dari 26 peserta yang mengikuti UKW ini, dinyatakan lulus. Hal itu dikatakan langsung Dirut UKW Rajab Ritonga saat acara penutupan, Jumat (26/7) siang. Dikatakan Rajab, mereka yang lolos ini dinyatakan memiliki kompetensi sebagai wartawan.

Menanggapi kelulusan para peserta UKW, Ketua PWI Amir Machmud meminta kepada wartawan agar dapat menjadi kader-kader PWI Jawa Tengah yang dapat melanjutkan kiprah PWI Jawa Tengah.

Di samping itu, pelaksanaan UKW ini telah dilakukan beberapa kali di wilayah Jawa Tengah dengan bekerja sama perusahaan-perusahaan besar seperti PT SG Rembang ini.

“Beberapa Pemkab di Jateng dan termasuk PT Semen Gresik Rembang ini mau bekerja sama dengan PWI Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan uji kompetensi untuk para wartawan.’’

‘’Kami berharap teman-teman yang lulus dapat menjadi wartawan yang berkompetensi di lapangan dan untuk yang belum lulus jangan berkecil hati sebab masih ada kesempatan dan dapat terus belajar menjadi wartawan yang berkompetensi,” ujar Amir.

Sementara Hendro Basuki dari PWI Pusat mengingatkan kepada wartawan agar tetap mengingat penulisan berita yang sesuai dengan kode etik jurnalistik dan PPRA. Hal ini sangat penting dan patut dijadikan pedoman bagi para wartawan.

PT SG Mengapresiasi

Sebagai perusahaan yang menyelenggarakan UKW, PT Semen Gresik Rembang mengapresiasi pelaksanaan UKW tersebut.

Sikap apresiasi tersebut dikatakan langsung Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Gatot Mardiana saat memberikan sambutan pada acara penutupan.

“Kompetensi dan profesionalitas adalah harga mati agar aktivitas yang kita geluti memiliki nilai lebih. Dua hal itu juga menjadi tolok ukur kepercayaan pihak luar terhadap profesi kita,’’ katanya.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar juga menjadi salah satu pintu masuknya. ‘’Semoga kawan-kawan media yang mengikuti UKW ini menjadi wartawan yang kompeten, bersertifikat serta mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dan sekaligus membangun optimisme,” ungkap Gatot.

 

suarabaru.id/Hana Eswe