blank
Bupati HM Tamzil saat melepas jamaah calon haji kloter 64

KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus mulai memberangkatkan Calon Jemaah Haji (CJH) ke tanah suci. Sebanyak 238 CJH dari kloter 64 menjadi yang pertama diberangkatkan pada Rabu (24/7) sore. Pemberangkatan dipimpin langsung oleh Bupati Kudus H.M. Tamzil dan Wakil Bupati H.M. Hartopo di halaman Pendopo Kabupaten.

CJH diberangkatkan ke embarkasi Donohudan Solo (SOC) mengunakan 6 bus. Bus 1 memuat 45 jemaah, bus 2 memuat 45 jemaah, bus 3 memuat 45 jemaah, bus 4 memuat 20 jemaah, bus 5 memuat 38 jemaah, dan bus 6 memuat 45 jemaah. Disiapkan pula satu unit bus cadangan yang dilengkapi tenaga kesehatan. Dijadwalkan CJH akan tiba di Embarkasi pada pukul 17.39 WIB. Kemudian masuk asrama haji pada pukul 19.00 WIB.

H.M. Tamzil bersyukur pada tahun ini Pemkab kembali menjadi tuan rumah pemberangkatan CJH. Menurutnya, merupakan suatu kehormatan dapat menjadi tuan rumah dalam memberangkatkan tamu Allah. Pihaknya akan selalu mendoakan CJH agar selalu diberi kekuatan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

blank
Jamaah calon haji kloter 64 yang berjumlah 238, saat mengikuti upacara pemberangkatan di pendopo kabupaten Kudus

“Suatu kehormatan sebagai tuan rumah untuk pemberangkatan haji. Prosedur pemberangkatan dari tahun ke tahun sama, hari ini kita kembali memberangkatkan kloter 64 di pendopo Kabupaten Kudus. Insya Allah diterima ibadahnya, serta diluaskan rezekinya setelah pulang haji. Alhamdulilah secara pribadi saya bisa memberangkatkan tamu-tamu Allah,” tuturnya.

Kepada para jemaah, dirinya berpesan untuk meneguhkan niat dalam beribadah. Karena dengan niat yang teguh, maka Allah akan memberi kemudahan bagi para jemaah. H.M. Tamzil juga mendoakan agar CJH dapat pulang dengan predikat haji mabrur.

“Niatkanlah dengan teguh, sebagai tamu Allah dengan doa, keyakinan, dan bekal kesehatan. Insya Allah, bapak ibu mampu menjalankan ibadah dengan khusuk dan fokus, sehingga betul-betul mendapatkan predikat haji mabrur, aamiin,” ujarnya.

Tahun ini, total 1075 CJH Kabupaten Kudus dibagi kedalam 4 kloter. Pemberangkatan keseluruhan kloter dilakukan selama dua hari. Menurut jadwal pemberangkatan, kloter 65 dengan 355 CJH akan diberangkatkan besok (25/7) pada pukul 05.00, disusul 355 CJH dari kloter 66 pada pukul 06.30 WIB. Sebagai penutup, kloter 67 dengan 130 CJH akan diberangkatkan pada Kamis (25/7) pukul 13.45 WIB.(SuaraBaru.id)