blank
JUARA PERTAMA: Ketua Siwo PWI Jateng, Sigit Pramono (kiri), saat menyerahkan hadiah utama bagi Bakhtiar Rvai (RRI), yang tampil sebagai juara pertama. Foto: dok

SEMARANG– Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, Amir Machmud meminta, pengurus Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jateng, bersiap menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Jayapura, Papua, pada 2020 mendatang.

Menurut dia, Siwo PWI Jateng harus mengevaluasi hasil pada Porwanas XII/2016 di Jabar, agar pada even berikutnya mampu meraih prestasi lebih baik. “Segera koordinasi dengan panpel setempat. Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri, khususnya terkait pembiayaan, karena Porwanas di Papua nanti butuh biaya yang tidak sedikit,” kata Amir.

Hal itut disampaikan Amir Machmud, saat membuka Turnamen Biliar Antarmedia Siwo PWI Jateng 2019, di Plaa Billiard Mal Matahari Lantai 8 Semarang, baru-baru ini. “PWI Jateng selalu mendukung upaya Siwo untuk meraih prestasi,” ucapnya.

Dirinya pun mengapresiasi positif penyelenggaraan turnamen biliar antarmedia yang digelar kali ini. Sebagai salah satu cabang olahraga dengan banyak peminat, biliar dinilainya mampu secara konsisten menggelar kompetisi secara berkala.

Tak hanya sebagai media regenerasi, Amir berharap turnamen ini mampu menjadi ajang silahturahmi antarwartawan, baik yang masih bertugas maupun telah purna. “Semoga unit-unit olahraga yang lain juga dapat menggelar kompetisi secara rutin,” kata Amir lagi.

Cabang Unggulan
Sedangkan Ketua Siwo PWI Jateng Sigit Pramono mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi internal terlebih dahulu. Namun atas dasar efisiensi, pada Porwanas di Papua nanti, pihaknya hanya akan mengirimkan cabang-cabang unggulan. “Biliar menjadi salah satu cabang yang berpotensi, selain bulutangkis dan futsal,” imbuh Sigit.

Pada turnamen biliar itu sendiri akhirnya dimenangkan Bakhtiar Rivai. Di partai puncak, wakil RRI itu mengalahkan Dian Chandra (Suara Merdeka) dengan skor 5-4. Sedangkan peringkat ketiga dan keempat ditempati Edi Tuhu (Wawasan) dan Soeharjono KO.

Sementara itu, berdasarkan keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI di Surabaya, Porwanas XIII/2020 Papua akan mempertandingkan delapan cabang olahraga. Kedelapan cabang itu adalah, atletik, futsal, bulutangkis, tenis meja, catur, biliar, tenis lapangan dan bridge.

Pencapaian terbaik Siwo PWI Jateng adalah pada saat Porwanas IX/2007 di Kaltim. Saat itu Jateng mampu meraih enam medali emas, dua perak dan satu perunggu.

suarabaru.id/Riyan