blank
Matthijs de Ligt/dok

TURIN – Matthijs de Ligt (19) dipastikan menjadi milik Juventus. Bek tengah itu siap merampungkan transfernya dari Ajax Amsterdam ke Bianconeri. Juve akan menebus De Ligt sebesar 75 juta euro (sekitar Rp 1,17 triliun). La Vecchia Signora keluar sebagai pemenang dalam persaingan mendapatkan kapten De Amsterdammers ini. Sebelumnya, De Ligt banyak diincar raksasa Eropa seperti Manchester United, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Barcelona. Dia laris manis selepas tampil memikat bersama Ajax yang sukses meraih gelar juara Liga Belanda, Piala KNVB dan menjadi semifinalis Liga Champions.

Agen De Ligt, Mino Raiola, menyatakan kliennya bersedia bermain di Italia demi menempa diri agar bisa menjadi bek terbaik di dunia. Seri A dikenal sebagai pencetak bek-bek top. Sebut saja Franco Baresi, Paolo Maldini, hingga Giorgio Chiellini. “Juve adalah tim terbaik untuknya. Dia bisa belajar menjadi yang terbaik di dunia,” ungkap Raiola. Dia lalu menambahkan, ”Dia hanya perlu sedikit waktu untuk menjadi yang terbaik di level berbeda.”

De Ligt bakal meneken kontrak berdurasi lima tahun. Dalam kesepakatan itu, Si Nyonya Tua memasukkan klausul pelepasan senilai 150 juta euro (Rp 2,34 triliun). Kausul itu baru akan aktif setelah De Ligt berseragam Juve selama dua tahun. Jika Bianconeri sudah sukses terkait kompetisi dan finansial, bintang muda tim nasional Belanda ini bakal ditawari kontrak baru untuk menghapus klausulnya.

Di bawah pelatih anyar Maurizio Sarri, Si Kuda Zebra ingin melakukan peremajaan di barisan pertahanan. De Ligt disiapkan menggantikan peran Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Dengan menumpuk pemain-pemain top di semua lini, Juve bertekad melebarkan sayap dalam hal berprestasi. Sejauh ini Juve baru mendominasi di kompetisi domestik, tapi masih labil di Liga Champions. (rr)