Bagikan

SEMARANG – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) (dengan didanai dari perguruan tingi) mengadakan pelatihan “pembuatan sabun yang ramah lingkungan dan ramah kesehatan” bagi masyarakat di Desa Margosari Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal (10/7).

Acara dihadiri oleh pejabat kelurahan, ibu-ibu dari kader kesehatan di lingkungan masyarakat Margosari. Menurut Dewi Wahyundaru para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, karena sesuai dengan tugas para ibu sebagai kader kesehatan untuk ikut menunjang kesehatan masyarakat juga membuat lingkungan sehat. Lebih lanjut ia menuturkan sabun yang dibuat berbahan baku dari nabati kelapa sawit, sehingga sangat aman untuk digunakan dan tidak mematikan pohon-pohon jika terdampak limbah sabun tersebut.

Cairan pembersih atau sabun kini semakin banyak ragamnya, di antaranya sabun untuk membersihkan berbagai macam alat rumah tangga, alat-alat makan, pakaian, dan lain-lain. Namun demikian, masyarakat sebagai pengguna sabun kurang mempedulikan dampak dari penggunaan sabun, baik dampaknya bagi tubuh dan maupun dampak terhadap lingkungan.

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi, selaku pelaksana pengabdian tersebut akan terus mendampingi perkembangan hasil pasca pelatihan pembuatan sabun pada ibu-ibu kader kesehatan. Diharapkan pelatihan ini bermanfaat bagi seluruh warga desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Tim Fakultas Ekonomi terdiri dari Dra Endang Dwi Astuti MSi, Dra Hindah Pudji Hastuti MM, Sri Dewi Wahyundaru SE MSi, dan ahmad Rudi Yu;iyanto SE MSi./suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here