Hendi Buka Race Penentuan MXGP of Asia Seri 12
FINAL RACE - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan opening seremoni race penentuan MXGP of Asia seri 12 di Sirkuit BSB Mijen, Minggu (14/7/2019) siang. (hery priyono)

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan opening seremoni race penentuan MXGP of Asia Seri 12 di sirkuit BSB Mijen, Minggu (14/7/2019) siang. Dua race yang dipertandingkan di seri balapan kali ini adalah untuk kelas MXGP dan MX2.

Dalam sambutannya, pria yang biasa disapa Hendi ini mengucapkan banyak terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mempercayakan kembali penyelenggaraan event motocross tingkat dunia tersebut di Kota Semarang.

“Saya berterima kasih kepada IMI, PT ASI, dan YouthStream yang telah memilih Kota Semarang sebagai tempat diadakannya event motocross ini. Apalagi tadi saya diberitahu, kalau 2020 nanti Kota Semarang rencananya akan dipilih lagi sebagai tempat penyelenggaraan event MXGP ini,” katanya.

Hendi Buka Race Penentuan MXGP of Asia Seri 12
(hery priyono)

Sadikin Aksa selaku Ketua IMI Pusat dalam kesempatan tersebut juga mengutarakan kepuasannya atas penyelenggaraan MXGP of Asia seri 12 di Kota Semarang. Semua yang telah dipersiapkan berjalan dengan lancar sama seperti tahun sebelumnya.

“Dari pengalaman tahun kemarin kami sangat puas, makanya Kota Semarang mendapat pengakuan sebagai kota terbaik penyelenggaraan event motocross ini. Dan sekarang pun kembali terulang, semua yang terlibat merasakan hal yang sama, bahkan lebih baik,” katanya.

Sementara itu, David Luongo selaku CEO Youthstream yang menjadi penyelenggara acara tersebut juga sangat senang dengan terpilihnya Kota Semarang menjadi tempat digelarnya MXGP. Menurutnya, sirkuit di BSB Mijen terbilang sangat menantang bagi para pembalap.

“Dari pembalapnya sangat senang dengan sirkuit di sini, sangat menantang dan berbeda dari tempat lain. Makanya yang di sini (sirkuit BSB Mijen) diakui di dunia internasional sebagai sirkuit terbaik. Dan untuk penyelenggaraannya juga sangat memuaskan,” katanya.

Race utama MXGP seri 12 hari Minggu ini merupakan penentuan para crosser dari 18 negara yang beradu di lintasan sirkuit. Dari babak kualifikasi sebelumnya, Sabtu (13/7), pembalap dari Tim Yamaha Romain Febvre menempati waktu tercepat dengan catatan waktu 24 menit 18,499 detik.

Adapun 10 nama-nama pembalap dengan waktu tercepat di babak kualifikasi yaitu Romain Febvre (Yamaha), Glenn Coldenhoff (KTM), Tim Gajser (Honda), Pauls Jonnas (Husqvarna), Aminas Jasikonis (Husqvarna), Jeremy Seewer (Yamaha), Jeremy van Horebeek (Honda), Ivo Monticelli (KTM), Gautier Paulin (Yamaha), dan Arnaud Tonus (Yamaha).

Sedangkan untuk pembalapa motocross tanah air yang mengikuit babak kualifikasi, Farhodje Farhan Hendra dan Aldi Lazaroni dari tim Husqvarna, hanya menempati urutan 20 dan 21. Keikutsertaan keduanya dalam MXGP kali ini merupakan wildcard yang diterima Indonesia sebagai tuan rumah. (suarabaru.id/hp)