blank
Duta seni Jepara tampilkan tari UMKM.

Jepara – Pada puncak peringatan ke-72 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas)  Tahun 2019 Tingkat Jateng yang dipusatkan di Kabupaten Banyumas, Jum’at, (12/7) Jepara menampilkan tari UMKM. Tari yang menggambarkan potensi industri kecil di Jepara ini diiringi alunan perkusi Sajojo. Kegiatan ini dibuka langsung  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

blank
Gunungan jajanan pasar

Pada kirap budaya ini masing masing daerah menyajikan tampilan seni dan gunungan yang terbuat dari potensi masing-masing daerah. Salah satunya Kabupaten Jepara,yang ikut ambil bagian, dengan memarken gunungan terbuat dari berbagai jajanan pasar  seperti rengginang, krupuk pasir, sarang madu, ketela rambat, buah durian, pisang, dan tenun Troso.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Jepara Agus Noor Slamet mengatakan, salah satu cara untuk mempromosikan Jepara diluar daerah yaitu dengan mengikuti berbagai even baik tingkat provinsi maupun nasional. ” Salah satu yang efektif adalah menampilkan berbagai macam kesenian khas daerah,” ujar Agus.

Pada kirab Harkopnas ini Jepara menampilkan produk unggulan UMKM, berupa gunungan jajan pasar.  Gunungan tersebut diarak dengan diiringi tarian UMKM dan tabuhan musik Perkusi Sajojo. Kirab dimulai dari Kantor eks Bakorwil (Badan Koordinator Wilayah) III Purwokerto menuju Gedung Olah Raga Satria Purwokerto Banyumas.

Koordinator sanggar seni Sajojo, Muhamad Ajib Supriyono mengatakan, untuk membawakan tari UMKM, Ajib dan teman-temannya membutuhkan waktu satu minggu untuk berlatih dan mendalami peran.

Ajib menambahkah, tarian UMKM yang diperankan 8 wanita ini, menceritakan tentang berbagai macam  kerajinan yang ada di Jepara mulai dari kerajinan monel, tenun Troso, relief, seni ukir, gerabah, dan batik. (SuaraBaru. Id/Hadi Priyanto).