blank
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (berpeci) didampingi Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (kanan), memotong tumpeng kenduri peringatan HUT Ke 73 Bhayangkara dan menandai pembukaan pesta rakyat.

WONOGIRI – Jajaran Polres Wonogiri, Rabu (10/7), menggelar pesta rakyat di Lapangan Lambauw Lingkungan Jarum, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo (20 Kilometer arah timur Kota Wonogiri). Pesta rakyat digelar dalam rangkaian peringatan HUT Ke 73 Bhayangkara, ditandai dengan pendirian 25 stand penyedia aneka menu makanan, untuk disajikan gratis kepada masyarakat.

Pesta rakyat yang dihadiri ribuan massa ini, dibuka oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati. Pembukaannya ditandai pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada anggota paling senior AKBP Jaka Wibawa, dan kepada anggota termuda Bripda Adi Achmad Fahrudin.

Itu dilakukan setelah digelar upacara peringatan HUT Bhayangkara Tahun 2019, dengan inspektur upacara Bupati Joko Sutopo, perwira upacara AKP Suyono, komandan upacara Iptu Ghala Rimba Doa Sembiring, pengucap Tribrata Bripda Agung Joko, dan pembaca doa Aiptu M Syafiuddin.

Acara ini dimeriahkan kesenian reog dadak merak, drumband pelajar dari SMK Negeri 2 Wonogiri, joget bersama dan senam massal Gemu Famire, lomba olahraga tradisional mempertandingkan cabang tarik tambang, balap bakiak, dan balap karung. Juga dilakukan prosesi kirab tumpeng besar terbuat dari aneka jajanan, untuk kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Acara ini dimeriahkan pula dengan musik campursari yang menampilkan bintang tamu penyanyi kondang Didi Kempot. Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, berkenan menerbangkan balon udara berhadiah. Kasubag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, menyatakan, hadiah balon udara berhadiah televisi 32 inchi itu, Rabu sore (10/7), ditemukan oleh Djarwoto, warga Brebah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Ikut hadir dalam acara ini, jajaran Forkompinda, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno bersama pimpinan dinas dan instansi, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, para pimpinan Organisasi, para pendekar silat, pamong desa, para santri dari Pondok Pesantren dan warga masyarakat.

Bupati dan Kapolres, tampil memberikan sambutan. Bersama itu, juga diserahkan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba. Yakni lomba penilaian PSBD ( Polsek Sebagai Basis Deteksi) dan lomba siskamling. Untuk lomba PSBD juara I, II dan III dimenangi Polsek Ngadirojo, Polsek Jatisrono dan Polsek Wonogiri Kota. Juara harapan I dan II diraih oleh Polsek Giritontro dan Polsek Batuwarno. Untuk juara I, II dan III lomba siskamling, dimenangi oleh Desa Ketonggo Kecamatan Giritontro, Desa Talunombo Kecamatan Baturetno dan Desa Pondok Kecamatan Ngadirojo.(suarabaru.id/Bambang Pur)