blank
Wakapolres Blora, Kompol Samdani, saat mengingatkan salah satu anggota yang pakainnya tampak kurang rapi saat operasi Gaktibplin. (Foto: SB/Hms-Resbla)

BLORA – Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, memberi atensi khusus soal ketertiban dan kedisiplinan anggotanya, dengan tujuan agar Polri bisa memberikan pelayanan dan teladan yang baik pada masyarakat.

Untuk keperluan itu, Selasa (9/7/2019), usai apel pagi, tim Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres, menggelar operasi pemeriksaan serta penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) anggota Polres setempat.

Kegiatan dipimpin langsung Wakapolres Kompol Samdani, dan Kepala Seksi (Kasi) Propam Iptu Sunarto, yakni dengan memeriksaan satu persatu anggota Polres Blora.

Pemeriksaan mulai dari kerapian, sikap, tampang, seragam, indentitas diri seperti KTA, SIM, STNK dan KTP menjadi sasaran operasi, baik yang ada di barisan depan tengah maupun belakang.

Pemeriksaan tersebut, jelas Wakapores Samdani, untuk menertibkan personel Polri yang belum melengkapi antribut mapun indentitas perorangan saat bertugas dan berinterkasi di tengah-tengah masyarakat.

blank
Pemeriksaan identitas diri anggota Polres Blora oleh jajaran Propram dalam operasi Gaktibplin. (Foto: SB/Hms-Resbla)

Jadi Teladan

Selain itu, lanjutnya, Gaktibplin salah satu cara untuk meminimalisir pelanggaran anggota dan menjadikan personel sebagai contoh teladan di hadpaan publik atau masyarakat.

”Kegiatan Gaktibplin seperti ini kami laksanakan rutin dan berkala untuk kontrol anggota,” jelas Kompol Samdani.

Menurutnya, sebelum penertiban di luar, Polri harus menertibkan dulu anggotanya. Cara ini dipegang teguh, karena Polri sebagai penggerak revolusi mental di ruang publik.

“Dimanapun tempatnya, Polri harus bisa memberi contoh yang baik pada Masyarakat,” tambah Wakapolres Blora.

Samdani menambahkan, dengan momentum Hari Bhayangkara ke-73, pihaknya berharap agar seluruh anggota terus semangat melaksanakan tugas dengan ikhlas dalam melayani masyarakat.

Maka budaya tertib, bersih dan disiplin harus diaplikasikan dalam tugas dan keluarga, sehingga selaras antara tugas negara dan keluarga,” pungkas Kompol Samdani.

suarabaru.id/Wahono