blank
Sebelah kanan, Plt Bupati Dian Kristiandi, saat bertindak sebagai pembina upacara kegiatan Raimuna IX Kwartir Cabang Jepara di Lapangan Bumi Perkemahan Pakis Adhi Suwawal Timur.

Jepara – Pembinaan secara kreatif berbasis teknologi informasi harus menjadi salah satu fokus perhatian dan pembinaan Pramuka.  Karena itu  harus dilakukan terobosan secara kreatif agar gerakannya tetap relevan dan menjadi pilihan utama generasi milenial. Hal ini disampaikan Plt Bupati Dian Kristiandi, saat bertindak sebagai pembina upacara kegiatan Raimuna IX Kwartir Cabang Jepara Tahun 2019, pada Senin (8/7), di Lapangan Bumi Perkemahan Pakis Adhi Suwawal Timur.

blank
Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug sebanyak sembilan kali, serta penyematan tanda peserta perkemahan Raimuna IX baik penegak dan pendega.

Menurut Dian Kristiandi,   Pramuka sedang menghadapi tantangan besar di era digital.  “Ditengah kemajuan teknologi, minat generasi milenial terhadap pendidikan kepramukaan semakin menurun.  “Anak-anak lebih tertarik dengan gadget dan smartphone, dibanding berinteraksi langsung dengan lingkungan sosial,” kata Plt Bupati Jepara.

Untuk itulah, disamping mempertahankan nilai-nilai gerakan  Pramuka seperti kedisiplinan, nasionalisme,  patriotisme dan penguatan karakter Pramuka harus mampu tampil beda dengan segala kelebihannya. “Pramuka harus mau bertransformasi dan melakukan trobosan kreatif, untuk memperoleh kelebihan-kelebihan tersebut,” katanya.

Bukan saatnya lagi Pramuka hanya diajarkan baris berbaris,  huruf dan bahasa morse, tetapi juga diajarkan bahasa dan pengetahuan digital serta pengetahuan revolusi industri 4.0. Andi percaya Pramuka Jepara mampu menjadi bagian penting dalam memecahkan persoalan yang sedang dihadapi masyarakat.

“Mari semua berkomitmen dalam mendukung revitalisasi gerakan pramuka yang saat ini sedang digalakkan,” katanya.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan piala bergilir Raimuna, yang sebelumnya diraih MA Ma’arif Jepara juara, dua tahun lalu di Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo. Selain perkemahan juga dilaksanakan Raimuna Expo, Milenial Enterpreneur, Pramuka tanggap bencana, hingga lomba liputan jurnalistik. (SuaraBaru. Id/ Hadi Priyanto)