blank
Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengecek kesiapan para personel saat apel gelar pergeseran pasukan dalan rangka pengamanan Pilkades tahap II yang diselenggarakan Rabu (10/7) esok. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN –Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap II dilaksanakan secara serentak di 51 desa, Rabu (10/7). Menjelang momen tersebut dilaksanakan apel gelar pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades tahun 2019.

Apel tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Grobogan, Selasa (9/7). Apel gelar pergeseran pasukan ini dipimpin Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dan dihadiri pejabat Forkopimda Kabupaten Grobogan, pejabat utama (PJU) Polres Grobogan dan Kodim 0717/Purwodadi serta peserta apel anggota pengamanan dari jajaran polsek dan polres serta Kodim 0717/Purwodadi dan Satpol PP Kabupaten Grobogan.

Dalam amanatnya, Kapolres menyatakan, tahun 2019 ini menjadi momen yang sangat penting bagi masyarakat Kabupaten Grobogan sebab pada tanggal 10 Juli 2019 dilaksanakan perhelatan demokrasi lokal pemilihan kepala desa serentak untuk periode 2019-2025.

“Pergeseran pasukan pada 09 Juli 2019 ini dalam rangka pengamanan tahap pungut dan hitung suara Pilkades serentak di Grobogan tahun 2019 dengan jumlah 51 TPS,” kata Kapolres.

Jumlah personel yang dilibatkan dalam Pilkades serentak ini mencapai 900 orang yang terdiri dari jajaran Polres Grobogan dan polsek masing-masing kecamatan yakni 555 orang, personel Brimob Jateng 100 orang, unit Dalmas Polda 100 orang serta bantuan Polres dari Demak, Pati, Kudus, Blora dan Boyolali yang masing-masing menurunkan anggotanya sebanyak 30 orang.

Kapolres mengimbau kepada seluruh anggota personel agar menekankan netralitas Polri dalam pengamanan pilkades serentak ini.

“Utamakan faktor keamanan dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang ada, lakukan tugas degan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat dan selalu jaga kesehatan agar kita dapat melaksanakan tugas secara optimal,” pungkas AKBP Choiron El Atiq.