blank
Rade Krunic/dok

MILAN – AC Milan resmi mendatangkan Rade Krunic dari Empoli. Gelandang 25 tahun ini punya kemampuan umpan mumpuni yang bisa diandalkan Rossoneri. Milan merekrutnya dengan nilai transfer sebesar 8 juta euro (sekitar Rp 126 miliar) beserta bonus. Dia akan diikat selama lima musim.

Meski namanya tak terlalu mentereng, Krunic bakal menjadi rekrutan berharga bagi pelatih Marco Giampaolo. Dia punya catatan oke bersama Empoli dalam dua musim terakhir. Krunic bergabung dengan Empoli sejak 2015 dari klub Serbia, Boras Cacak. Tim yang bermaskas di Stadion Carlo Castellani ini adalah klub keduanya di Italia setelah Hellas Verona.

Krunic mulai mencuri perhatian di Negeri Pizza saat menjadi pilar utama Gli Azurri meraih tiket promosi ke Seri A Liga Italia pada musim 2017-2018. Dia sukses mengemas lima gol dan 10 assist di kasta kedua Liga Italia itu. Penampilan bagusnya berlanjut pada musim lalu dengan menyumbang lima gol dan enam assist. Sayang, torehannya tersebut gagal menyelamatkan Empoli dari jerat degradasi.

Krunic merupakan gelandang serbabisa. Dia pernah bermain di tiga posisi berbeda di Empoli, yakni gelandang tengah, gelandang serang dan second striker. Senjata utama pemain asal Bosnia Herzegovina ini adalah kemampuan dribel dan umpan berbahayanya ke lini pertahanan lawan. Pada musim lalu, dia mencatatkan rata-rata umpan sukses sebesar 80,8 persen dan 1,6 umpan kunci dalam setiap laga. Dia juga merupakan eksekutor bola mati yang bisa diandalkan. Dengan atribut itu, Krunic sepertinya bakal cocok dengan formasi 4-3-1-2 yang diusung Giampaolo bersama Rossoneri. (rr)