Sirkuit BSB Dikebut, Mbak Ita : Persiapan MXGP Sudah 80 Persen
SIRKUIT MXGP - Sirkuit BSB Mijen menjadi arena balap para crosser kelas dunia dalam MXGP of Asia seri 12 terus dikebut persiapannya, Senin (8/7/2019). (hery priyono)

SEMARANG – Kota Semarang terus melakukan persiapan menjadi tuan rumah gelaran kompetisi motocross international MXGP of Asia seri 12. Untuk itu Kota Semarang terus berbenah memastikan kesiapan sirkuit BSB Mijen serta infrastruktur pendukung lainnya.

Semakin dekat dengan waktu pelaksanaannya pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2019, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu aktif mengecek progres penyiapan sarana dan pra-sarana event yang diprediksi menyedot 100.000 pengunjung ke Kota Semarang itu.

Sirkuit BSB Dikebut, Mbak Ita : Persiapan MXGP Sudah 80 Persen
(hery priyono)

Senin (8/7/2019) sore, Wakil Wali Kota Semarang yang biasa disapa Mbak Ita itu meninjau langsung proses penyiapan sirkuit motocross Kota Semarang di kawasan Bukit Semarang Baru, Mijen, Semarang.

Tak hanya itu saja, sejumlah OPD terkait juga diajak serta, mulai dari Dispora, Diskominfo, Dishub, hingga perwakilan dari PT Arena Sirkuit Internasional (ASI) turut serta dalam tinjauan lapangan tersebut.

Di area sisi selatan sirkuit yang luasnya sekitar 20 hektare tersebut, Mbak Ita aktif mengkoordinasikan segala kebutuhan sarana pra-sarana terkait pembangunan sirkuit. Mulai dari progress jalur track sirkuit, paddock pembalap, lokasi bazaar merchandise, kantong parkir pengunjung, hingga sarana promosi.

“Sampai saat ini sirkuitnya sudah selesai 80 persen, sisa 20 persennya tinggal tambahan pernak-perniknya saja. Dari PT ASI juga sudah menyampaikan paling lambat hari Kamis sudah selesai sehingga pada Jumat, Sabtu, Minggu sudah bisa digunakan,” katanya.

Adi Putra Mahardika selaku Kordinator Lapangan PT ASI saat dimintai keterangan di kesempatan yang sama mengatakan pengerjaan sirkuit BSB Mijen untuk event MXGP tersebut dikerjakan selama 24 jam sejak seminggu lalu, dan hingga kini tinggal melakukan finishing penyelesaiannya saja.

“Sebenarnya tracknya tidak berbeda jauh dari tahun kemarin, tinggal dibangun ulang saja. Untuk panjang jalur lintasannya sekitar 1,84 kilometer dengan tikungan dan bukit undakan yang dibuat menantang bagi para pembalap,” ujarnya.

Rencananya, ajang MXGP of Asia seri 12 yang digelar di sirkuit BSB Mijen akan digelar selama 3 hari mulai Jumat (12/7) dengan kegiatan rolling thunder dari para pembalap untuk kemudian pada Sabtunya (13/7) dilakukan kualifikasi race, dan pada hari Minggu (14/7) digelar kompetisi utamanya. (suarabaru.id/hp)