blank
Seorang anggota Polsek Wirosari tengah mengisikan air bersih ke dalam gentong milik warga. Bantuan air bersih ini merupakan kegiatan sosial untuk membantu warga Desa Dapurno yang terdampak krisis air bersih. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Ratusan warga di Dusun Ngringgit RT 03 RW 06, Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari menyambut antusias bantuan air bersih dari Polsek Wirosari. Bantuan tersebut mereka terima sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu (6/7).

Para warga yang telah menunggu beberapa lama akhirnya merasa lega setelah dua unit truk berisi tangki air dengan kapasitas 6.000 liter tersebut tiba di dusun mereka. Para warga yang telah membawa jerigen kosong dan sejumlah ember berbaris rapi di sekitar truk untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Penyaluran air bersih ini dipimpin langsung Kapolsek Wirosari AKP Toni Basuki. Menurut AKP Toni, penyaluran air bersih ini sudah seharusnya dilakukan sebab warga di lokasi tersebut memang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci atau beberapa keperluan penting lainnya yang berhubungan dengan air.

Pihaknya menjelaskan, warga di Desa Dapurno tersebut telah mengalami kekurangan air bersih sejak tiga bulan terakhir karena dampak musim kemarau ini. Selama itu, warga mengandalkan bantuan air bersih. Tidak jarang mereka juga membeli air bersih dari pedagang keliling yang harganya cukup menguras kantong.

“Kalau mereka mau menggunakan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga dan lainnya, mereka harus beli di pedagang air keliling,” ujar AKP Toni.

Adanya penyaluran air bersih ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat setempat. Bahkan, dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan warga selama beberapa hari ke depan sambil menunggu krisis air tersebut kembali normal.

“Kegiatan ini disamping membantu para warga yang membutuhkan langsung air bersih, juga merupakan kegiatan bakti sosial kami dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73,” pungkas AKP Toni.

suarabaru.id/Hana Eswe.