Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno bersama rombongan didampingi Wakil Bupati Arif Sugiyanto berfoto di perbukitan di atas Pantai Menganti Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Kamis 4/7. (Foto: Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno mengaku kepincut alias terpesona dengan keindahan wisata alam Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 46 km barat daya Kebumen.

Kekaguman menteri Kabinet Jokowi I 2014-2019 kelahiran Maryland Amerika Serikat itu diungkapkan saat hampir sehari penuh bersama rombongan Kementerian BUMN mengunjungi sejumlah objek wisata andalan di Kabupaten Kebumen, Kamis (4/7).

Menteri Rini sempat disambut Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan Wakil Bupati H Arif Sugiyanto SH setiba di  Bandara Adi Soetjipto, Yogyakarta, Kamis pagi. Berhubung Bupati ada dinas luar, selama perjalanan menuju Kebumen dan kunjungan di daerah yang pernah  terkenal sebagai penghasil sarang burung walet itu Menteri BUMN didampingi Wakil Bupati Aris Sugiyanto, Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata H Azam Fatoni SH MSi,  para pimpinan perbankan dan sejumlah pejabat Pemkab Kebumen.

Dari Yogyakarta, Rini dan rombongan langsung diarahkan menuju Pantai Menganti di Desa Karangduwur. Di pantai yang lokasinya berbukit dan memiliki panorama elok itu  Rini dan rombongan didampingi pejabat Pemkab Kebumen diajak berjalan kaki menanjak bukit seraya melihat  keindahan bibir pantai.  Bahkan beberapa kali Rini dan staf Kementerian BUMN serta pejabat Pemkab terlihat asyik selfi. Wanita berusia 61 tahun itu seolah tak capek sembari menikmati  keindahan view perbukitan diatas Pantai Menganti yang sebagian memang berada kawasan Perhutani Kedu Selatan dan sebagian masuk Desa Karangduwur, Ayah.

Geopark Karangsambung-Karangbolong

Dari Pantai Menganti Menteri BUMN melanjutkan kunjungan ke Gua Jatijajar. Di Gua yang paling ramai dikunjungi wisatawan di Kebumen itu Rini juga masuk lorong gua dan mengagumi keindahan di dalam gua.  Menteri BUMN  juga berkesempatan  menyaksikan pameran produk unggulan di mulut Gua Dempok yang masih dekat dengan Gua Jatijajar. Bahkan Rini pun membeli beberapa minuman dan makanan lokal serta membeli batik Kebumen.

Setelah istirahat makan siang, Menteri BUMN didampingi Wakil Bupati menuju kawasan Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI Karangsambung. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu kawasan Karangsambung sebagai cagar geologi dan kawasan Karangbolong telah ditetapkan sebagai taman bumi nasional atau geopark. Pemkab bersama UPT BIKK LIPI Karangsambung sedang berusaha keras mempolulerkan potensi taman bumi itu diikuti pengembangan potensi ekonomi, budaya dan konservasi alam agar bisa meningkat menjadi  Geopark Global Karangsambung-Karangbolong.

Menurut Menteri BUMN, Kabupaten Kebumen sudah tidak asing baginya. Saat era Presiden Megawati, dia juga pernah mengunjungi Kebumen. Pihaknya merasa kagum dengan Kebumen yang memiliki potensi alam, baik pantai,  pegunungan, gua hingga bebatuan yang bisa dikembangkan sebagai poteni wisata unggulan.  Apalagi dengan adanya Bandara Kulonprogo akan berdampak positif bagi percepatan pengembangan potensi wisata daerah karena jarak dari Bandara ke Kebumen hanya satu jam.

Wakil Bupati Arif Sugiyanto berterima kasih atas kunjungan dan perhatian Menteri BUMN Rini Soemarno ke Kebumen. Pihaknya optimistis dengan kunjungan Menteri BUMN dan rombongan semakin mengenalkan potensi wisata Kebumen serta  Geopark Karangsambung-Karangbolong, sekaligus memotivasi para pejabat, pelaku wisata serta masyarakat Kebumen. Harapannya dengan mengembangkan potensi wisata alam tersebut akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Suarabaru.id/Komper Wardopo