blank
John W Henry/dok

LIVERPOOL – John W Henry, pemilik Liverpool, memang puas dengan trofi Liga Champions musim 2018-2019. Namun, musim depan dia ingin The Reds juara Liga Primer Inggris. Liga Champions merupakan trofi bergengsi pertama Si Merah dalam 13 tahun terakhir setelah menjuarai Piala FA 2006. Liga Champions juga jadi titel kedua untuk Fenway Sports Group (FSG) selaku pemilik Liverpool. Sejak mengakuisisi klub pada akhir 2010, FSG baru mendapat satu trofi, yakni Piala Liga Inggris.

“Menjadi juara di Eropa itu lebih hebat ketimbang juara di Inggris, tapi saya rasa fans sangat menginginkan itu (jadi juara liga). Saya tahu kami akan fokus total demi memenangi Premier League musim depan,” ujar Henry. Dengan perkembangan pesat selama ditangani Klopp sejak Oktober 2015, The Anfield Gank dianggap di jalur yang tepat untuk memulai lagi era kesuksesannya. Selama dipegang FSG, The Reds dua kali jadi runner-up Premier League pada 2014 dan 2019.

Puasa gelar selama tiga dekade membuat Si Merah butuh amunisi tambahan pada bursa transfer musim panas ini. Terus dikaitkan dengan beberapa nama top, Liverpool malah tetap adem ayem. “Kami harus sehat secara skuad. Keputusan bukan di tangan saya, tapi saya rasa kami akan melihat performa yang lebih oke. Saya merasa musim depan bakal sangat menyenangkan,” ungkap Klopp.

Sementara itu, bek muda Belanda Sepp van den Berg menjadi rekrutan pertama The Kop pada musim panas ini. Pemain 17 tahun itu didatangkan dari PEC Zwolle dengan banderol sekitar 1,5 juta euro. Van den Berg akan dikontrak jangka panjang. Dia telah menuntaskan tes medis dan siap bergabung pada 1 Juli nanti. The Reds sebelumnya dikaitkan dengan beberapa pemain top seperti Matthijs de Ligt, Nicolas Pepe, Bruno Fernandes, Nabil Fekir, dan Kylian Mbappe.

“Bagi saya ini adalah klub terbesar di dunia, dan ini bak mimpi yang jadi kenyataan,” tutur Van den Berg. “Saya sudah melihat banyak pemain akademi yang promosi ke tim utama di sini. Luar biasa, khususnya melihat seberapa besar klub ini,” paparnya. (rr)