blank
Nareswara Praba, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Hanacaraka, saat memainkan wayang

WONOGIRI- Nareswara Praba, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Hanacaraka, berhasil meraih Juara I festival dalang cilik yang diselenggarakan oleh UNY Yogyakarta. Prestasinya tersebut tentu membawa harum Ponpes yang dibangun oleh H Harmoko , Menteri Penerangan  jaman Orde Baru.

Nareswara, merupakan putra pasangan   Ki Sigit Mursito SSn-Yayuk Sri Rahayu, tinggal di Dusun Sumbersari  RT 01 RW 06, Desa Purwosari, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

‘’Festival tersebut merupakan festival dalang cilik tingkat nasional, yang digelar pada hari Sabtu (22/6) di Yogyakarta,’’ kata Ki Sigit Mursito, ayah Nareswara yang  merupakan dalang wayang kulit  cukup punya nama.

Sigit memaparkan, nareswara mempunyai hobi mendalang sejak kecil. ‘’Dia (Nareswara) sejak kecil sudah suka mendalang. Bahkan saat PAUD sudah berani mengisi acara kesenian 17-an di Kantor Kecamatan Wonogiri,’’ papar Sigit, Minggu (23/6).

Dan saat ini, lanjutnya, putranya yang terlahir pada  17 Agustus 2011 tersebut,  masih duduk di kelas I MI Al Alim

Ketika disinggung perihal persiapan mengikuti festival, Sigit menuturkan pada awalnya dia melarang ikut lomba karena dinilainya masih terlalu kecil. ‘’Namun semangat anak saya luar biasa, akhirnya kita sebagai orangtua ya harus mendukungnya,’’ kata Sigit.

Sigit pun akhirnya  terus melatih anaknya di rumah dan rela mengantar anaknya  latihan berkali-kali di SMPN 5 Wonogiri, karena pengiring dan sinden dari SMPN 5 Wonogiri.

‘’Saat tampil,  Nareswara membawakan lakon ‘Jabang Tetuka’ (Gathutkaca lair),  dengan durasi 40 menit.  Sedangkan Jurinya  dari ISI Surakarta, ISI  Yogyakarta dan  profesor UNY,’’  pungkasnya.

suarabaru.id/edi