blank
Idion Ighalo/dok

ALEKSANDRIA – Nigeria dan Guinea mengawali pertandingan Piala Afrika 2019 Grup B dengan hasil berbeda. Nigeria menang 1-0 atas Burundi, sedangkan Guinea ditahan imbang Madagaskar 2-2. Idion Ighalo menyumbang gol tunggal Nigeria dalam duel di Stadion Aleksandria, Aleksandria, Minggu (23/6) dini hari WIB. Ighalo membobol gawang Jonathan Nahimana selepas meneruskan umpan Ola Aina pada menit ke-77.

Pada partai lain, Guinea mendapat perlawanan hebat dari Madagaskar. Sory Kaba membawa Guinea memimpin pada menit ke-34. Namun, Madagaskar ganti unggul 2-1 berkat gol Anicet Abel pada menit ke-49 dan Carolus Adriamahitsinoro (55). Guinea terbebas dari kekalahan lewat gol balasan yang dilesakkan Francois Kamano dari titik penalti.

Pada Grup A, Uganda membuat awal bagus dengan memukul atas Republik Demokratik Kongo 2-0 di Stadion International Kairo. Patrick Kaddu dan Emmanuel Okwi menjadi pencetak gol timnya. Kedua gol itu bermula dari bola mati. Kaddu menyundul bola dari sepak pojok, sedangkan Okwi meneruskan tendangan bebas. Ini merupakan kemenangan pertama Uganda pada putaran final Piala Afrika setelah lebih dari 40 tahun. Sebelumnya, kali terakhir mereka menang adalah pada 1978 ketika mengatasi Nigeria di semifinal. (rr)