blank
Javi Gracia/dok

LONDON – Selepas kepergian Maurizio Sarri ke Juventus, Frank Lampard kini menjadi favorit untuk menempati posisi sebagai manajer Chelsea. Kabarnya, Lampard mendapat dukungan penuh dari pemilik The Blues, Roman Abramovich. Manajemen Si Biru dihadapkan pada pilihan sulit untuk mencari penerus pria asal Italia itu. Pasalnya, Chelsea tengah diskorsing transfer oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sehingga itu bakal menyulitkan suksesor Sarri.

Lampard dianggap ideal lantaran dia adalah legenda klub dan para pemain akan menghormatinya. Namun, pria 40 tahun ini masih minim pengalaman melatih di level top. Dia baru musim lalu menukangi klub Divisi Championship, Derby County. Lampard sukses meloloskan Derby ke final Playoff Championship, sebelum dihentikan Aston Villa. Jalan untuk mendapatkan dia juga tidak mudah, karena Derby ingin memperbarui kontraknya.

Kandidat terkuat lain adalah Javi Gracia, manajer Watford. Pria 49 tahun dan asal Spanyol itu bisa menjadi alternatif. Musim lalu dia membawa klubnya menembus final Piala FA, tapi ditaklukkan Manchester City. Di samping Gracia, ada beberapa calon lain. Sebut saja Nuno Espirito Santo (manajer Wolverhampton Wanderers), Erik ten Hag (Ajax Amsterdam), dan Ralf Rangnick dari Jerman.

Kans Ten Hag agaknya lebih terbuka. Sebab, dia punya gaya melatih yang mirip dengan Sarri dan dinilai akan mudah beradaptasi dengan para pemain. Nilai plus Ten Hag adalah dia bisa meroketkan pemain-pemain akademi The Blues di tengah hukuman transfer yang membelit. Sekarang bola sekali lagi ada di tangan Abramovich. (rr)