blank

SEMARANG – Secara bahasa, psikologi berasal dari bahasa Yunani, yakni psyche dan logos. Psyche memiliki arti “jiwa”, dan logos artinya “ilmu”. Sehingga, secara sederhana dapat dikatakan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Lebih lengkapnya, psikologi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang pemikiran dan tingkah laku manusia. Artinya, hampir segala macam hal yang dilakukan oleh manusia dipelajari di dalam ilmu psikologi.

Psikologi merupakan sebuah disiplin ilmu dan terapan yang mempelajari mental dan perilaku secara ilmiah. Psikologi memiliki tujuan langsung untuk memahami individu dan kelompok dengan memperhatikan prinsip pribadi dan meneliti kasus spesifik. Seseorang yang ahli di bidang psikologi atau menjadi peneliti psikologi disebut psikolog dan dapat diklasifikasikan menjadi ilmuwan sosial, perilaku, atau kognitif. Psikolog berusaha untuk memahami perubahan fungsi mental dalam individu dan perilaku sosial.

Jika anda tertarik mempelajari ilmu psikologi lebih mendalam dengan berbagai keunggulannya
Fakultas Psikologi Unissula bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Fakultas Psikologi Unissula yang terakreditasi B dari BAN PT melihat pentingnya kemampuan mahasiswa untuk mampu membuat deskripsi kepribadian dan perilaku manusia, sehingga sejak awal mahasiswa dibekali berbagai pengetahuan tentang kepribadian, psikologi perkembangan, psikologi umum, dan psikologi sosial. Guna meningkatkan penguasaan tersebut, pemberian metode praktikum pun mendapatkan porsi yang lebih besar dalam beberapa mata kuliah.

Dalam memenuhi tuntutan dunia kerja dan pasar global, upaya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pun terus didorong. Selain itu mahasiswa harus memiliki keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi dan teknologi. Kemampuan ini sangat bermanfaat dalam melakukan penelusuran referensi-referensi terkini dari dalam dan luar negeri, baik berupa text book maupun digital.

Mahasiswa dituntut pula untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pengembangan berbagai metode psikologi. Melalui pemanfaatan sistem informasi dan teknologi ini, mahasiswa dapat lebih aktif mengembangkan diri dan meningkatkan pemahaman ilmu yang telah didapatkan dalam perkuliahan.

Sesuai dengan visi dan misinya, Fakultas Psikologi Unissula bertekad mengembangkan ilmu bidang psikologi atas dasar nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin. Tujuannya adalah untuk membangun pusat pelayanan bagi masyarakat di bidang psikologi, serta terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan peradaban Islam yang dirahmati Allah SWT.
Program
Fakultas Psikologi memiliki tiga peminatan yang merupakan gabungan antara dua bagian yaitu :
1. Bagian Psikologi Sosial, Psikologi Industri Organisasi;
2. Bagian Psikologi Umum, Eksperimen dan Psikologi Klinis;
3. Bagian Psikologi Perkembangan , Psikometri, dan Psikologi Pendidikan.

Keunggulan
Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Fakultas Psikologi Unissula antara lain kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Dikti. Perkuliahan dengan 147 SKS dapat ditempuh selama 4 tahun / 8 semester. Kurikulum ini terdiri atas mata kuliah kehidupan bermasyarakat, mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah keilmuan dan keahlian yang dirangkum dalam mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan.
Kurikulum yang dirancang meliputi soft skill, hardskill di bidang psikologi ditambah beberapa mata kuliah yang mengajarkan leadership, entrepreneur, penguasaan bahasa Asing dan IT serta pendidikan karakter berbasis Islam sehingga lulusan Fakultas Psikologi menjadi lulusan yang siap kerja dengan masa tunggu maksimal 6 bulan.
Kurikulum Fakultas Psikologi mengajarkan psikologi Islam yang menjadi pembeda dengan Fakultas Psikologi yang dimiliki oleh perguruan tinggi lain.

Fasilitas
• Memiliki fasilitas yang terdiri dari ruang kuliah yangg dilengkapi dengan AC dan fasilitas audio visual
• Perpustakaan yang dilengkapi dengan koleksi buku sebanyak 1683 judul atau 2795 eksemplar serta beberapa jurnal ilmiah dalam negeri.
• Perpustakaan juga mempunyai 3.050 judul jurnal ilmiah luar negeri dalam bentuk soft copy yang tersusun dalam sistem informasi jurnal
• Laboratorium psikodiagnostik dan eksperimen yang lengkap dan terpadu serta laboratorium klinis yang dilengkapi dengan one way vision screen, ruang observasi , ruang tes individu dan klasikal , ruang pertemuan/rapat, ruang kegiatan mahasiswa, ruang perbekalan dan ruang audio visual bagi pengembangan kemampuan pengetahuan dan penelitian. Peralatan tes yang lengkap meliputi alat tes IQ, minat bakat, kepribadian, dll.
• Infrastruktur yang memadai
• Memiliki Badan Konsultasi Psikologi dan Pembangunan Masyarakat (BKP2M) untuk internal dan umum.

Kerjasama
• Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
• Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
• RSJ Amino Gondhohutomo Semarang
• RS Islam Sultan Agung Semarang
• Yayasan Pendidikan Anak-Anak Cacat (YPAC) dan SLBC Semarang
• Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI)
• Ikatan Psikologi Klinis Indonesia
• Ikatan Psikologi Industri Indonesia
• Asosiasi Psikologi Islami
• SD, SMP, SMA se Jawa Tengah
• Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
• Lapas Klas 1 Kedungpane Semarang
• Lembaga Rehabilitasi Sosial dibawah Dinas Sosial
• Sekolah berkebutuhan khusus, dan berbagai kerjasama lainnya.

Prospek Lulusan
Lulusan psikologi Unissula berkesempatan mengambil bidang profesi seperti:
• Psikologi Sosial, Psikologi Industri Organisasi
Konsultan, Manajer SDM, pelaku usaha mandiri
• Psikologi Umum, Eksperimen dan Psikologi Klinis
Konselor, administrator tes psikologi, bidang kesehatan seperti rumah sakit (RSJ, RSUD, RS Swasta), BUMN, PNS, TNI/Polri
• Psikologi Perkembangan, Psikometri, dan Psikologi Pendidikan
Konsultan, pendidik yang professional, shadow teacher, dosen, motivator

Info Pendaftaran
Mari bergabung dengan Prodi Psikologi (S1) Unissula dengan mendaftar segera secara online di www.pmb.unissula.ac.id dan datang langsung ke kampus Unissula Jln Raya Kaligawe KM 4 Semarang setiap hari kerja Senin – Jumat jam 08.30-15.00, Sabtu jam 08.30 -12.00. Informasi lebih lanjut dapat menghibungi hotline 081 220 220 62. Jangan lupa daftar segera ya. /suarabaru.id