blank
Sejumlah Polwan, Jumat (14/6) siang, berdiri dengan sigap untuk mengamankan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Baitunnur Kota Blora. Foto : Hms-Resbla

BLORA – Pemandangan menyejukkan terlihat rutin setiap Jumat pukul 11:30 hingga 13:00 WIB, saat Polwan Polres Blora berdiri dengan sigab, mengatur lalu lintas, dan siaga mengamankan masjid-masjid.

Iptu Lilik Widyastuti, salah satu Polwan senior, Jumat (14/6),  membeber bahwa kegiatan itu sesuai instruksi Kapolres AKBP Antonius Anang, setiap Jumat Polwan rutin menggelar patroli, dan pengamanan salat Jumat.

Kegiatan ini dilaksanakan, lanjutnya, salah satu bentuk Kepolisian Resor (Polres) Blora dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap aman dan kondusif.

“Salah satunya, mengoptimalkan patroli Polwan untuk menyambangi masjid-masjid,” tambah Lilik.

Adapun sasaran patroli, selain masjid para Polisi Wanita (Polwan) juga menyambangi toko emas, perbankan dan area publik untuk minimalisir tindak kejahatan.

Empat Regu

Menurut Lilik Widyastuti, saat memasuki waktu ibadah salat Jumat, adalah waktu yang dipandang rawan  dikarenakan para laki-laki melaksanakan ibadah salat Jumat, waktu itulah Polwan bergerak.

Ditambahkan, personil Polwan yang berpatroli Jumat  berjumlah 25 orang, terbagi menjadi empat regu aktif  keliling di wilayah Blora.

“Tentu sebelum patroli, kami berikan arahan dan pembagian rute,” jelas mantan Kepala Unit Pelayanan Perenpuan dan Anak (PPA) Polres Blora.

Subechi (53), salah satu pengelola masjid di Kelurahan Kauman, mengaku merasa aman terbantukan dengan keberadaan patroli Polwan saat jam-jam salat Jumat.

“Umat Islam lebih tenang dan khusyuk saat ibadah, karena ada Polwan yang mengamakankan lingkungan masjid,” kata Subechi.

Suarabaru.id/Wahono