blank
Sampaikan Arahan: Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq (membelakangi kamera) tengah membacakan arahan di hadapan para peserta apel. Foto: Hana Eswe,

GROBOGAN – Apel dalam rangka Konsolidasi Operasi Ketupat Candi 2019 dan kesiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilihan umum digelar Polres Grobogan di halaman Mapolres, Senin (13/6). Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan tersebut.

Dalam amanatnya, Kapolres membacakan sambutan Kapolda Jateng Irjen (Pol) RyckoAmelza Dahniel. Melalui sambutannya, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran personel serta instansi terkait yang bekerja sama dengan ikhlas pada pelaksanaan OKC 2019 ini.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap personil di seluruh jajaran berserta instansi terkait, yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh keikhlasan meski dihadapkan pada berbagai dinamika situasi dilapangan,” katanya.

Dijelaskan Kapolres, selama pelaksanaan OKC 2019 di jajaran Polda Jateng, angka kecelakaan mengalami kenaikan sebesar tujuh persen. Sebelumnya di tahun 2018, tercatat ada 324 kecelakaan dan meningkat pada angka 348 kejadian di tahun 2019. Sementara untuk korban meninggal dunia mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni sebesar 40 orang dari 12 orang.

Untuk Korban luka berat justru mengalami penurunan. Sebelumnya di tahun 2018, jumlah korban luka berat tercatat 25 orang. Pada tahun ini, jumlah korban luka berat terdata 21 orang.

Dibandingkan dengan korban luka berat, peningkatan terjadi pada korban dengan luka ringan yakni sebanyak enam persen. Di tahun 2018, jumlah korban luka ringan sebanyak 430 orang dan pada tahun ini mencapai 456 orang.

“Pelanggaran lalu lintas juga terjadi kenaikan sebesar 24 persen dari jumlah 3.703 kasus di tahun 2018 menjadi 4.582 di tahun 2019 ini,” papar AKBP Choiron.

Siap Siaga Pengamanan Jelang Sidang Perselisihan

Dalam arahannya ini, Kapolres juga melakukan monitoring dan kesiapsiagaan dalam pengamanan wilayah hukum Grobogan. Hal tersebut dilaksanakan jelang sidang perselisihan hasil pemilihan umum yang akan diselenggarakan Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jakarta.

Selain itu, mengingat Mahkamah Konstitusi bakalan menggelar sidang perselisihan hasil pemilihan umum di Jakarta, Grobogan pun siap melakukan pengamanan di wilayah hukumnya.

“Terkait sidang PHPU tersebut, kita tetap melakukan monitoring dan kesiapsiagaan dalam hal pengamanan,” katanya.

Hadir dalam apel ini, Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran FKPD dari Kodim 0717/Purwodadi, PN Purwodadi, Kejari Grobogan serta instansi terkait lainnya.

suarabaru.id/Hana Eswe.