Bagikan
Para sopir bus diperiksa kondisi kesehatannya. Pemeriksaan dilakukan di Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri. Ini dilakukan dalam upaya menciptakan keselamatan pelayanan angkutan arus balik lebaran.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Sopir yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan, direkomendasikan untuk diistirahatkan tidak mengemudi. Langkah ini, dilakukan demi mewujudkan keselamatan dalam memberikan pelayanan angkutan Lebaran Idul Fitri 1440 H. Berkaitan ini, dilakukan pemeriksaan kesehatan para sopir bus malam yang melakukan pelayanan arus balik.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, Minggu (9/6), menyatakan, pemeriksaan kesehatan para awak bus, dilaksanakan di Terminal Induk Giri Adi Pura, Krisak, Selogiri, Wonogiri. Dilakukan oleh tim medis pimpinan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Dokter Adhi Dharma.

Tindakan ini, berkaitan dengan pelaksanaan pekan keselamatan jalan bidang kesehatan. Pemeriksaan kesehatan para sopir bus, ini sekaligus sebagai upaya melakukan deteksi terhadap faktor risiko kecelakaan lalu lintas, utamanya bagi para pengemudi angkutan lebaran di Kabupaten Wonogiri.

Tim medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, juga melakukan pemeriksaan lab darah para sopir terkait dengan kemungkinannya ada indikasi tentang kadar alkohol, gula darah, narkoba dan zat amphetamin. Bersamaan itu, tim medis juga melakukan pelayanan pengobatan di tempat. Target pemeriksaan sebanyak 100 sopir, tapi dalam pelaksanaannya mencapai sebanyak 102 sopir.

Hasil pemeriksaan, mendapati ada sebanyak 37 sopir mengidap hipertensi, dan 6 orang sopir terjangkiti diabetes. Secara medis, sopir yang laik mengemudikan kendaraan sebanyak 54 orang, yang laik nyopir dengan catatan sebanyak 45 orang. Yang tidak laik nyopir ada satu orang, berikut 3 sopir gagal menjalani pemeriksaan secara lengkap, karena takut jarum suntik.

Pemeriksaan ini melibatkan peran serta Kepala Terminal Induk, Agus ‘Glempo’ HP, bersama jajaran Polres dan Satlantas Wonogiri, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Kepala Dinkes Wonogiri Dokter Adhi Dharma, perwakilan BNN dan Dinkes Jateng, Wakapolres Kompol Adi Nugroho, Kasatlantas Polres AKP Dwi Erna Rustanti bersama para pejabat dari dinas dan instansi terkait.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here