Bagikan
Nampak para pemudik memadati Menara Kudus sebelum balik ke kota asalnya. foto:Suarabaru.id/

KUDUS – Hingga H+4 Lebaran, Minggu (9/6), Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus ramai didatangi oleh para pemudik. Para pemudik yang berasal dari luar kota, menyempatkan diri untuk menyambangi destinasi wisata religius kota Kudus sebelum kembali lagi ke rumah mereka.

Banyaknya pengunjung dari luar kota terlihat dari beberapa kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua di lokasi parkir. Plat nomor kendaraan mereka menunjukkan mereka banyak yang dari luar daerah, laiknya B, G, H, N, S, dan L dan lainnya.

Masduqin, seorang pemudik asal Jombang menuturkan bahwa dirinnya sengaja ke sini saat perjalanan balik dari kampung halamannya menuju Jombang.

“Sengaja, ngajak keluarga dengan niat untuk ziarah ke sini. Kemarin kan mudik ke Demak, jadi ini sebelum balik ke Jombang dan disibukkan dengan aktivitas diniatkan singgah dulu untuk ziarah. Apalagi kita kan lewat Kudus,” katanya.

Hal senada juga dituturkan oleh Yazid, pemudik asal Jakarta.  Menurutnya, ziarah ke makam Sunan Kudus seakan menjadi ritual wajib yang harus dilakoni saat mudik ke Kudus.

“Ya sekalian ziarah ke makam Kanjeng Sunan sambil mengenalkan anak-anak akan peradaban Islam di kota Kudus,” tandasnya.

Tak hanya berziarah ke makam Sunan Kudus, para pengunjung juga menyempatkan diri untuk sholat di Masjid Menara. Tak yang tak boleh ketinggalan, foto selfie dengan latar belakang Menara Kudus menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum bergeser menuju tempat parkir kendaraan mereka.

”Ya wajib harus foto dong, karena ini ikon Kota Kudus. Jadi kalau nggak foto ya kurang afdol,” tukasnya.

Suarabaru.id/Tm

Baca juga: Pukuli Peziarah, Enam Tukang Foto Menara Kudus Dipolisikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here