blank

Polisi berseragam ikut berjaga sekaligus menunaikan Salat Idul Fitri di seputar Alun-alun Kebumen. (Foto:Suarabaru.id/Komper Wardopo

KEBUMEN –  Sejumlah anggota Polres Kebumen dan Satpol PP ikut mengamankan Salat Idul Fitri di Alun-alun setempat, Rabu (5/6) kemarin.  Sebagai Imam Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan Khatib Kepala Kemenag H Panut SPd MM.

Pengamanan Salat Idul Fitri dipimpin langsung Wakapolres Kompol Prayudi Widiatmoko didampingi Kapolsek Kebumen Kota AKP Hari Haryanto. Bahkan sejumlah anggota polisi yang berseragam maupun berpakaian sipil dibantu anggota Satpol PP ikut berbaur dengan jamaah yang menunaikan Salat Idul Fitri di seputar Alun-alun dan depan Pendapa Bupati.

Menurut Kapolsek Kebumen Kota AKP Hari Haryanto di Pospam depan Pendapa Bupati Kebumen, selama Lebaran pos tersebut dijaga 10 polisi. Bahkan para anggota belum beristirahat sejak mengamankan perayaan malam takbiran hingga Salat Id.”Ini sudah risiko dan tanggung jawab kami mengamankan perayaan Lebaran dan Salat Id,”tandas Kapolsek.

Kepala Kemenag Kebumen Panut dalam ceramahnya menjelaskan, Islam adalah agama yang mengajak umatnya menjaga persatuan, kerukunan dan kedamaian. Untuk itu umat Islam semestinya terus menjaga keutuhan dan menciptakan perdamaian di mana pun berada.

Panut juga meminta umat islam di Kebumen  tidak berputus asa. Sebab dengan menjalankan Ibadah Puasa maka Allah yang maha Agung dan Maha Kaya akan mengangkat derajat semua umat yang melaksanakan dengan ikhlas dan taqwa.

Setelah Idul Fitri 1 Syawal 1440 H dia mengajak umat Islam di Kebumen dan di mana pun untuk membangkitkan semangat baru, cita-cita baru dan harapan baru. Oleh karena itu di hari yang Agung itu dia menyarankan umat Islam terus memohon kepada Allah agar Tuhan semakin menambah kebaikan, menambah ilmu dan rezeki umatnya serta menjadi makhluk yang beruntung dunia akherat..

Salat Idul Fitri di Alun-alun Kebumen itu diikuti ribuan umat. Bahkan diperkirakan lebih banyak dari tahun lalu. Paling banyak justru para pemudik. Terlihat dari pelat mobil yang parkir memenuhi sekitar jalan Alun-alun rata-rata dari luar kota.

Sedangkan Salat Idul Fitri di Masjid Agung Kauman Kebumen di barat Alun-alun dengan Imam KH Wahib Mahfudz yang juga kakak kandung Bupati Kebumen. Sebagai Khotib KH Mohammad Nashirudin AM yang juga mantan Bupati Kebumen.

Suarabaru.id/Komper Wardopo