blank
Pos PMI di Alun-alun Kota Magelang memberi pelayanan kesehatan kepada pemudik dan masyarakat, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- PMI Kota Magelang mendirikan pos pelayanan di dua tempat selama masa Lebaran 1440 H/2019.  Selain di alun-alun, juga menugaskan relawan di Pos Terminal Tidar Kota Magelang yang bergabung dengan anggota dari Dinas Perhubungan.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono mengatakan, pendirian pos ini sesuai dengan program kerja PMI dalam menyambut para pemudik. Hal ini dilakukan pula tahun-tahun sebelumnya yang bekerja sama dengan OPD terkait serta organisasi kemanusiaan, seperti Orari dan Pramuka.

‘’Kami ingin turut melayani pemudik yang pulang kampung ke Kota Magelang. Termasuk pemudik yang melintas yang barangkali membutuhkan tempat istirahat atau pelayanan kesehatan,’’ ketika meninjau posko tersebut, kemarin.

Menurutnya, di dalam pos tersedia aneka obat-obatan ringan, pengukur tekanan darah dan ambulans. Juga tempat istirahat yang nyaman. Pos ini dijaga oleh petugas yang bersiap siaga selama 24 jam hingga masa operasi berakhir pada 9 Juni mendatang.

‘’Petugas dibagi tiga shift. Yakni pukul 08.00-15.00 WIB, pukul 15.00-21.00 dan pukul 21.00-08.00 WIB. Setiap shift, kita tugaskan empat anggota relawan dan satu driver. Kami siap melayani pemudik maupun masyarakat Kota Magelang di sekitar alun-alun,’’ tuturnya.

Sumartono yang juga menjabat Inspektur Inspektorat Kota Magelang menuturkan, pihaknya juga membuka layanan di markas PMI Jalan Pahlawan dengan petugas yang dibagi dalam tiga shift, yakni pukul 08.00-14.00 WIB, pukul 14.00-21.00 WIB, dan pukul 21.00-08.00 WIB.

Menurutnya, maksud dan tujuan dari pendirian pos ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Sejuta Bunga dan sekitarnya dalam merayakan Idul Fitri 2019.

Masyarakat tidak perlu sungkan minta pertolongan pada petugas PMI. ‘’Pertolongan itu misalnya ada warga yang mengalami luka-luka langsung bisa ditangani oleh petugas. Kalau luka atau sakitnya berat, kami siap antar ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat dengan ambulans,’’terangnya.

Khusus di Pos Terminal Tidar bertugas dua relawan yang dibagi dalam dua shift. Yakni pukul 08.00-21.00 WIB dan 21.00-07.00 WIB. (hms)

Editor : Doddy Ardjono