blank
Meski tidak berada di jalur mudik, Puskesmas Kecamatan Banjarejo, Blora, siap siaga melayani masyarakat siang malam. Foto : SB/Ist

BLORA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, mewajibkan semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di jalur mudik buka 24 jam penuh, dengan tujuan untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat

“Puskesmas di jalur mudik  buka 24 jam penuh, kami siap memberi pelayanan kepada pemudik,” jelas pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes setempat, Lilik Hernanto.

Selain siaga, Puskemas harus siap obat-obatan, tim medis (perawat) serta sarana pendukung lainnya, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk cek kesehatan dan rest area pemudik.

Menurut Lilik, Dinkes telah mendata dan menyiapkan Puskemas yang wajib buka layanan Lebaran 24 jam, termasuk mendata lokasinya, tim medis serta sarananya.

Sarana pendukung lainnya, di setiap Puskesmas harus disiapkan armada (mobil) pelayanan kesehatan, dan fasilitas untuk keperluan emergency.

Ketentuan siaga 24 jam, katanya, tidak hanya berlaku untuk Puskesmas yang berada di jalur mudik, Puskesmas di jalur nonmudik juga tetap siaga melayani masyarakat agar Lebaran menjadi lebih nyaman.

“Seperti Puskemas Kecamatan Banjarejo, Japah, dan Todanan, meski tidak di jalur mudik juga tetap siaga Lebaran,” kata Plt Kepala Dinkes Blora.

Di Pospam

Dijelaskan, Puskemas jalur mudik kawasan jalur tengah Cepu-Blora-Semarang, masing-masing adalah Puskemas Kunduran, Ngawen, Kota Blora plus layanan rumah sakit (RS).

Selain itu, Puskesmas Jepon, Jiken, Sambong, Cepu plus RS buka siang malam demi memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat, tambah Lilik Hernanto.

Puskesmas di jalur mudik lingkar luar Cepu-Randublatung-Jati, juga siaga penuh, sedangkan petugas medis, dokter jaga, dan perawat kesehatan juga siaga dan mereka bergiliran tugas,  katanya.

Di luar Puskesmas, Dinkes juga aktif di pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan pelayanan (Posyan) Polres di titik rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

“Kami dukung jajaran Kepolisian dengan memberi pelayan kesehatan terbaik di pos-pos Lebaran untuk pemudik, dan masyarkat,” pungkas Lilik Hernanto.

Terpisah Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, memberiapresiasi positif dukungan dan kesiapan Dinkes dalam pelayanan kesehatan Lebaran.

“Terima kasih dukungan Dinkes di Pospam dan Posyan Lebaran, semua ini adalah untuk memberi pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Suarabaru.id/Wahono