blank
Pos pelayanan dan pengamanan Lebaran 1440 Hijriah, salah satunya sudah mulai berdiri di dpan Blok T, Kota Blora. (Foto : Wahono)

BLORA – Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik Lebaran, Polres Blora mendirikan enam pos Lebaran. Empat pos pengamanan (Pospam), satu pos pelayanan (Posyan), dan satu Pos Terpadu.

Pos-pos itu, akan dilengkapi fasilitas pendukung, bahkan diberi sarana pendingin udara (AC), karena juga berfungsi untuk rest area, agar pemudik yang hendak beristirahat bisa lebih nyaman dan terlayani dengan baik.

“Nanti Pospam akan didukung sedikitnya 175 personel,” jelas  Kapolres Blora AKBP Saptono melalui Kabagops Kompol Zuwono, Minggu (26/5).

Menurutnya, untuk pengamanan Lebaran selain ditempatkan 175 personil siaga di Pospam, dan di berbagai area publik disiagaan sebanyak sekitar 350 personel.

“Selain personil Kepolisian, kami juga didukung personel TNI dan institusi terkait,” jelas mantan Kapolsek Randublatung dan Kapolsek Ngawen tersebut.

Selain itu, lanjut kompol Zuwono, anggota diberikan petunjuk pelaksana (juklak) pengamanan Lebaran, utamanya cara-cara pencegahan jika terjadi tindak kejahatan, keributan, dan aksi kriminal lainnya.

“Kami wanti-wanti agar agar petugas mengedepankan langkah pencegahan, dan tidak arogan,” tandasnya.

Di Perbatasan

Ditambahkan, dukungan untuk  anggota Polri datang dari dinas dan instansi terkait, ada dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Kesehatan (Dinkes), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Perhubungan.

Bahkan dari personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesai (PMI), organisasi masyarakat serta Pramuka, menyatakan akan aktif mendukung layanan masyarakat dan pemudik.

Zuwono menjelaskan, jalur perhubungan darat tentu menjadi fokus pemantauan sebelum, saat, dan sesudah Lebaran (arus balik).

Ada empat titik, masing-masing jalur lintas tengah (Kunduran-Blora), Blora-Cepu, lingkar luar Cepu-Randublatung-Jati dan Blora-Rembang.

Empat jalur itu, selain masuk kawasan rawan laka lantas, diperkirakan akan ramai pemudik sebelum, hari H dan usai Lebaran.

Selain itu, petugas juga diminta selalu waspada, dan mengantisipasi segala kemungkinan gantugguan Kamtibmas, termasuk kemungkinan adanya aksi teroris.

“Harus waspada, termasuk kemungkinan adanya teror dengan memanfaatkan momen silaturrahmi Lebaran,” tandasnya.

Untuk pendirian Pospam, empat Pospam inti ada di depan Terminal Ngawen, alun-alun Kota Blora, pintu masuk  Blok T, kawasan hutan Cabak, dan perbatasan Jateng-Jatim di Cepu.

Ada rencana pendirian Pospam tambahan, ada  di jalur lingkar luar Cepu-Randublatung-Jati, perbatasan Blora-Grobogan di Kecamatan Kunduran. Pos-pos itu akan mulai dibuka pada 29 Mei 2019 hingga H+7 Lebaran.

“Kami juga menambah rambu-rambu (banner) tambahan, dan ditempatkan 100 titik,” tandas Kabagops Polres Blora Kompol Zuwono.(SuaraBaru.id/Wahono)